Design Insight Plot pada SOLIDWORKS Simulation

Greetings SOLIDWORKS User!!! Kembali lagi bersama kami dengan tutorial SOLIDWORKS 2016, Tema kita kali ini adalah mengenai penggunaan Simulation! Sedikit cara untuk memaksimalkan penggunaan fitur-fitur yang tersedia dalam SOLIDWORKS Simulation.

Ada banyak fitur yang bisa digunakan untuk menunjukkan result/hasil dari simulasi yang dilakukan, bisa dengan menggunakan Von Mises Stress Plot, Displacement Plot, ataupun Factor Safety Plot. Selain itu kita juga bisa melihat distribusi pembebanan yang dialami oleh model. Sehingga kita bisa melihat di bagian mana saja area-area yang paling terbebani.

Nama fitur dalam SOLIDWORKS simulation tersebut adalah “Design Insight”

design insight plot solidworks

Bagaimana caranya? Let’s check itu out..

Klik kanan pada folder result lalu pilih “Define Design Insight Plot…”

design plot solidworks

Setelah itu akan muncul parameter berupa slider yang menunjukkan distribusi tegangan yang dialami model berdasarkan bagian yang paling terbebani hingga menununjukkan yang paling kecil bebanya.

plot3

Semakin mendekati kata “Most Loaded” maka akan semakin sedikit area yang akan ditunjukkan pada model. Hal ini dapat juga dijadikan acuan bahwa disisi-sisi tersebut efek pembebanan paling tinggi terjadi.

design plot solidworks

Klik OK untuk menyimpan plot dari “Design Insight” tersebut.

Ada beberapa cara untuk memunculkan fitur design insight, selain dengan mengklik kanan pada folder Result, kita bisa melakukanya juga dengan :

  1. Command Manager dan pilih Design Insight Plot…

plot5

2. Didalam Simulation menu

plot6

Dengan begini kita bisa melakukan estimasi disisi mana saja penambahan tebal, ukuran atau radius bisa dilakukan untuk mengurangi efek pembebanan terhadap kekuatan model. Semoga tutorial solidworks ini dapat Bermanfaat…

Ahmad Aufar
Technical Support – SolidWorks

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.