Print 3D di Rumah lebih Mudah dengan 3DEXPERIENCE

Sekarang mencetak 3D dengan printer 3D menjadi lebih mudah dan cepat dengan 3DEXPERIENCE® WORKS, semuanya dapat disesuaikan. kalau dulu anda harus memesannya secara online atau beli di toko, kini Anda dapat membuatnya sendiri menggunakan keahlian desain Anda dan printer 3D di rumah anda sendiri.

Dimasa pandemic ini banyak orang yang bekerja dari rumah, mungkin sulit menemukan waktu untuk pergi keluar dan membeli produk, dan jika melakukan pemesanan online itu dapat memakan waktu cukup lama. Tetapi jika Anda memiliki printer 3D dirumah, platform 3DEXPERIENCE, dan juga desain yang anda inginkan, semua itu bisa dilakukan sendiri agar terlihat persis seperti hasil desain yang Anda inginkan.

Seperti yang dilakukan oleh konsultan Proses Industri SOLIDWORKS Andy Barnes pada video dibawah. Dengan menggunakan suku cadang yang ada di sekitar rumahnya, keterampilan desainnya sendiri, printer 3D, dan 3D Creator yan ada pada platform 3DEXPERIENCE, ia mampu merancang dan mencetak 40 dudukan dinding untuk menggantung koleksi rekamannya dan membuat didindingnya penuh dengan gaya.

Mengapa muncul ide seperti itu ? Andy menemukan bahwa dia tidak puas dengan cetakan pertamanya, tetapi itu bukan masalah. karena 3D Creator memiliki manajemen data yang banyak di dalamnya, sehingga ia dapat membuat revisi baru dan mengubah dimensi, memotong waktu pencetakannya dan pemakaian bahan cetak yang digunakannya bisa secara signifikan berkurang. dengan Menggunakan 3D Creator memberi Andy semua alat dan kebebasan yang diperlukannya untuk menyelesaikan proyeknya dari rumah. dan Anda bisa melakukannya juga sendiri.

Mengapa tidak mencoba gratis 3DEXPERIENCE WORKS sekarang untuk kebebasan desain hari ini.

Share

Giaffone Racing dan solusi khusus dari SOLIDWORKS

Dengan persaingan baru yang ada setiap waktu, Giaffone Racing harus mencari teknologi yang lebih canggih untuk mengguncang pasar mereka untuk menghindari stagnasi agar selalu tetap terdepan dalam persaingan di lini bisnis mereka.

Stock Car 2019 – 7ª etapa – Interlagos – CORRIDA DO MILHÃO

Dengan pemikiran itu, para engineer Giaffone akhirnya memutuskan beralih untuk menggunakan SOLIDWORKS. Giaffone Racing pertama kali mengimplementasikan desain SOLIDWORKS Professional, desain dan analisis SOLIDWORKS Premium, dan manajemen data dari SOLIDWORKS PDM Professional pada tahun 2006.

Bersama-sama Giaffone Racing dan SOLIDWORKS telah mencapai prestasi yang sangat luar biasa, seperti pengurangan 70 persen dalam waktu pengembangan. dengan Studi topologi SOLIDWORKS bukan hanya dapat menghemat waktu, tetapi para engineer juga dapat dengan cepat dan mudah memahami kendala desain.

image source : https://blogs.solidworks.com/

Alasan Giaffone menggunakan solusi khusus dari SOLIDWORKS adalah solusi topologi yang dikombinasikan dengan proses desain 3d dan analisa yang ada pada SOLIDWORKS yang memungkinkan para produsen mobil balap menjadi lebih cepat dan gesit.

image source : https://blogs.solidworks.com/

Dengan Mengembangkan part part yang lebih ringan karena ini memiliki andil besar serta kemampuan untuk menghilangkan pembatasan ukuran dalam pengiriman. Dari sana, Koordinator Teknikal Denis Ramon Peixoto mengatakan, “Kami memiliki visi untuk terus berada di ujung tombak teknologi untuk mendorong kesuksesan kami.” Dia kemudian memuji perangkat lunak optimasi topologi untuk membantu Giaffone menciptakan “lini produk off-road,” dan untuk tetap “berpikir ke depan.”

Alat optimisasi topologi dalam perangkat lunak SOLIDWORKS Simulation Professional membantu perusahaan Giaffone untuk membuat desain part menjadi lebih ringan, lebih kuat, dan lebih kaku, dan mengurangi bahkan menghindari dari desain percobaan dan kesalahan, Dengan optimasi topologi SOLIDWORKS, kami dapat mencapai desain akhir dalam sekali percobaan.

baca juga analisa topology study solidworks

Share

Variasi Background bisa di lakukan di SOLIDWORKS

Tutorial solidworks singkat kali ini kita akan membahas mengenai Custome Background di SOLIDWORKS. Dimana yang sering kita di gunakan untuk background saat ini berupa warna-warna yang sudah di sediakan di SOLIDWORKS, tetapi sebenarnya bisa kita lakukan custome background sesuai keinginan kita. Contohnya background ruangan tempat kerja , atau pemadangan atau mungkin yang lain. Disini tampilan background biasanya di SOLIDWORKS.

Custome Background di Options – Colors – Image file (.jpg .png dll file gambar) pada solidworks

Maka setelah di custome background nya seperti di bawah ini.

Share

membuat ketebalan, memotong dan merotate dengan pemilihan face

Tutorial solidworks basic kali ini akan membahas mengenai penggunaan Move Face yang di peruntukan membuat / menambahkan ketebalan, mengurangi atau merotate dengan hanya memilih face yang sudah ada tanpa membuat sketch terlebih dahulu. Feature ini bisa di gunakan di file SOLIDWORKS atau pun Imported file. Dari bentukan di bawah ini akan di rubah geometri nya hanya dengan memanfaatkan face nya.

Feature Move Face sendiri terletak di Direct Editing seperti di bawah ini.
Metode nya sendiri nanti ada 3 : Offset , Tranlate , Rotate

  1. Offset
    – pilih Face yang akan di tambahakan ketinggian atau ketebalan – dan berikan panjang berapa
    – Ceklis Flip direction apabila akan mengurangi /cutting dari face tadi
  1. Translate
    – pilih Face yang akan di tambahakan ketinggian atau ketebalan – dan berikan panjang berapa.
    – Parameter untuk metode arah ketebalan atau pemotongan Blind, Up to Vertex, Up to Surface, Offset
    from Surface, Up to Body.
    – Menentukan direction referensi Plane, Edge, Planar Face , Axis.
    – Menentukan panjang ketebalan nya berapa.
  1. Rotate (ini di gunakan untuk body surface)
    – Ceklis Copy apabila face mau di copy
    – Paramenter Axis sebagai pusat rotate
    – Parameter derajat kemiringan
    – Ceklis Flip direction untuk membalik arah kemiringan

Demikian tips & trick solidworks kali ini , semoga bisa membantu dan bermanfaat.

Share

SOLIDWORKS xDesign – Design Guidance

Salam hangat untuk semua user SOLIDWORKS di seluruh Indonesia, bagaimana kabarnya?
Semoga selalu sehat dan tentunya aktifitas desain lebih inovatif dengan SOLIDWORKS.
Pada kesempatan kali ini kami ingin membahas tentang salah satu produk dari
SOLIDWORKS yang bernama SOLIDWORKS xDesign.

Saat ini tren yang berkembang saat ini adalah system cloud, tidak perlu melakukan
installasi tetapi cukup hanya mengakses file desain menggunakan web browser. Inilah hal
yang bisa anda dapatkan melalui SOLIDWORKS xDesign dari segi sketch, part, assembly,
dan lain – lain. Salah satu kehebatan yang kita dapatkan adalah dari fitur Design Guidance.
Pada gambar dibawah ini bisa anda lihat, xDesign memberikan beberapa panduan
tentang bagaimana merancang bracket untuk mobile camera. Kita dapat menempatkan
beberapa titik pemasangan yang diketahui dan beberapa ide tentang bagian beban yang ingin
ditahan.

Kemudian pada tahap selanjutnya, kita juga dapat memberikan beberapa obstacle atau
pembatas dari desain yang kita ingin buat. Bisa dilihat SOLIDWORKS xDesign dapat
membuat semacam perkiraan desain yang nantinya akan terjadi, dengan membentuk
semacam blok biru yang membentuk sebuah desain dari bracket untuk kamera tersebut.

Akhirnya, anda dapat menggunakan bentuk itu sebagai panduan dan bahkan hingga sampai membuat desain akhir yang anda inginkan.

Demikian sharing mengenai SOLIDWORKS xDesign, yang dapat mempermudah kita dalam
melalukan pekerjaan terlebih mengelola pekerjaan tersebut, dengan berbasis sistem cloud.

Terimakasih atas perhatian anda
Salam SOLIDWORKS

Share

Developing Shapes – 3DExperience

Di xShape, kita mulai dengan bentuk primitif. Ini adalah
perubahan paradigma dalam cara kita menciptakan bentuk yang
kompleks. Primitif ini pada dasarnya adalah sepotong tanah liat
yang dapat kita dorong dan tarik geometri dengan cepat dan
mudah. Kami memiliki kontrol eksplisit terhadap bentuk seta
menggunakan alat intuitif seperti menarik pada triad yang
berhubungan dengan tepi, permukaan, simpul dan dapat dengan
mudah beralih antara lengkungan campuran dan benda tajam.
Tidak perlu waktu berjam-jam untuk membuat campuran terbaik,
menghapus wajah dan merekonstruksi permukaan untuk
mendorong hal-hal seperti kontinuitas C1 atau C2.

Untuk bentuk sendok, saya pertama kali memasukkan kotak
primitive (sub-D). Seperti yang dapat Anda lihat dalam grafik, ada
berbagai bentuk yang dapat kita gunakan untuk memulai desain
kami.

Setelah dimasukkan, pengguna dapat mengontrol jumlah elemen
dalam tiga arah. Pikirkan spline 3D. Jika kami mencoba membuat
kurva persis seperti yang kami inginkan, kami menyisipkan titik
spline sehingga kami dapat memanipulasi besarnya dan arah titik
kontrol itu pada spline. Ini mirip dengan apa yang kami kerjakan
di sini. Dalam ruang 3D, permukaan yang dibagi memungkinkan
untuk kontrol terpisah di area tertentu dari kotak sub-D.

Setelah kami memasukkan kotak, maka kami dapat dengan
mudah bekerja dengan alat yang ada di xShape di kanan atas
aplikasi Ini membantu dalam mengontrol bentuk dari berbagai
perspektif geometri kami.

Saya telah mengedit satu sisi kotak, menggunakan sketch quick
align tool. Ini memungkinkan saya untuk menghasilkan tepi
konseptual dengan cepat. Saya dapat membuat sketsa di perintah
untuk memindahkan permukaan ke lokasi yang tepat yang saya
inginkan. Saya dapat terus mengedit bentuk itu sampai saya
mendapatkan kontur yang tepat yang saya inginkan.

Pengeditan lebih lanjut, dalam hal ini, dari tampilan sisi kanan
memungkinkan saya untuk mendapatkan sedikit bagian dasar
sendok sehingga saya dapat menghapus beberapa ketebalan
untuk mencapai sendok kami untuk sendok.

Ini bentuk akhirnya. Seperti yang Anda lihat, itu hanya beberapa
langkah untuk mendapatkan bentuk solid, kedap air dan padat
sehingga saya dapat mencetak di 3D Printer.

Pengeditan mudah dan alami. Setelah primitive/sub-D
dimasukkan, kami memiliki awal yang sangat baik. Pemodelan
subdivisi memungkinkan kita mengekstraksi mengerakan
permukaan dan tepi yang tepat dengan cara yang tidak
membutuhkan lebih dari sekadar ide.
Sekarang, kita dapat membuat bentuk yang keren dan kompleks
dengan cepat dan dalam beberapa menit, bukan beberapa hari
atau minggu. Para Engineer, perancang, dan pencipta sekarang
dapat membuat produk unik mereka sendiri tanpa latar belakang
yang melelahkan dalam desain industri. xShape telah
menghilangkan kecanggungan membuat produk-produk yang
menyenangkan secara estetika.

Share

Cara memanfaatkan appearances and display states dan menghindari masalah potensial

Penampilan dalam file bagian adalah cara terbaik untuk memberi “kehidupan” pada desain
kita; hidup yang berarti bagaimana bagian/parts akan terlihat setelah proses mesin, dipoles,
dicat, dll. Menggunakan penampilan dalam hubungannya dengan status tampilan dalam file
bagian memberikan pengguna kebebasan untuk menyampaikan desain yang sama dengan
penampilan yang berbeda semua dalam file bagian/parts yang sama. Namun, ketika bekerja
dengan fungsi-fungsi SOLIDWORKS ini, sangat penting untuk memverifikasi bahwa perubahan pada file bagian/parts disebarkan dengan benar ketika digunakan dalam tipe file lain (assembly atau drawing).

Pipa itu sendiri terbuat dari stainless steel, tetapi ada beberapa versi bagian ini yang
telah dicat agar sesuai dengan desain keseluruhan yang digunakan:

Ada beberapa tingkatan di mana penampilan dapat diterapkan seperti yang ditunjukkan di bawah ini:

Sekarang, penampilan yang diterapkan pada bagian ini ada pada level face. Ada beberapa
masalah potensial ketika menerapkan penampilan pada face individu bagian/part.
Yang pertama adalah bahwa ukuran file bagian bisa jauh lebih besar daripada jika
penampilan diterapkan pada feature atau part level. Ini terutama benar jika file bagian/part
memiliki geometri yang kompleks.
Masalah potensial lainnya adalah kondisi tampilan yang salah yang ditunjukkan dalam file
gambar. Perhatikan gambar awal:

Kita memiliki gambar standar dengan tampilan isometrik dan dua tampilan depan. Tampak
depan bawah digunakan untuk membuat tampilan bagian, menampilkan ketebalan dinding yang seragam.

Kita dapat melihat bahwa di dalam Section View PropertyManager, kondisi tampilan dalam
pratinjau tidak cocok dengan yang dari tampilan Depan yang merujuk.

Mengakses Section View PropertyManager setelah ditempatkan, keadaan tampilan yang dirujuk sudah benar. Tetapi representasi grafis tidak cocok. Ini dapat terjadi dengan semua jenis tampilan gambar yang menggunakan data dari tampilan yang ada (Tampilan Detail, Tampilan Bagian, Tampilan Bagian Rusak, dll.)
Sekarang, apa yang terjadi pada tampilan bagian yang sama yang diterapkan pada tampilan
depan yang sama, hanya kali ini dengan penampilan di tingkat bagian / badan / fitur? Kita
melihat perbedaan drastis dalam pratinjau dan hasil:

Kali ini, baik di pratinjau alat tampilan bagian dan setelah tampilan bagian ditempatkan, kondisi tampilan yang dirujuk dalam tampilan induk menyebar dengan benar ke tampilan yang dihasilkan. Kesimpulannya, tampilan bagian dan kondisi tampilan berguna dalam menyampaikan desain yang serupa semua dalam file bagian yang sama. Namun, ketika penampilan diterapkan pada face model, masalah potensial dapat muncul. Jika Anda ingin memanfaatkan penampilan dalam suatu bagian, terapkan pada feature / body/part level

Share