Melihat Distribusi Tegangan Dari Part Yang Tersembunyi Pada Model Assembly

Halo SolidWorks users, pada kesempatan ini saya ingin berbagi tips tentang penggunaan Solidworks Simulation untuk model Assembly.

Dalam mendesain suatu produk/equipment yang terdiri banyak parts, akan sulit mengetahui hasil analisa pada bagian-bagian yang tersembunyi karena tertutup part lain yang sudah dipasangkan. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan fasilitas isolate. Bagaimana caranya? Let’s check it out.

1. Melakukan Analisa Pada Model Assembly

Pertama kita lakukan analisa pada model assembly yang kita inginkan. Pada model Assembly ini kita coba melihat distribusi tegangan yang terjadi pada Pin dengan menggunakan Static Analysis.

model-assembly
Setelah analisa selesai, akan muncul hasil dari simulasi yang telah dilakukan. Sekarang kita akan membuat Plot Result khusus untuk Pin yang menghubungkan 2 Arm.

2. Menyembunyikan Hasil Analisa
Sekarang kita sembunyikan hasil analisa dengan mengklik kanan pada Plot Result yang sedang aktif, lalu pilih hide.

model-assembly2
3. Isolate part yang diinginkan.
Klik kanan pada part yang diinginkan. Lalu pilih isolate.

model-assembly3
4. Membuat Plot Result

Setelah di isolate, klik kanan pada folder result kemudian pilih Plot Result yang ingin dibuat. Di sini kita memilih “define stress plot…”.

model-assembly4

Lalu kita ubah pengaturan “Advanced Options” dan memberi tanda centang pada “Show plot only on selected entities” kemudian pilih body part yang diinginkan.

model-assembly5

Terakhir klik exit isolate, dan selesailah pembuatan Plot Result khusus untuk part dari model assembly.

model-assembly6

Dengan pengaturan isolate pada SolidWorks Simulation di atas, kita bisa lebih fokus untuk mengetahui besarnya Stress yang diterima oleh parts yang berada di dalam assembly, yang mana parts tersebut adalah komponen yang paling penting dalam assembly product kita, sehingga kita bisa meminimalisir kegagalan product yang kita buat.
Demikian, Selamat Mencoba.

Warm Regards,
Technical Support Arismadata.
Reseller SolidWorks Indonesia

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.