Pada satu sistem pemipaan, salah satu pertimbangan yang perlu diperhitungkan adalah tingkat perawatan menanggulangi terjadinya kerusakan komponen-komponen saat digunakan. Seringkali terjadi, ketika adanya benda padat yang ikut bersama aliran udara/gas mengakibatkan terjadinya kerusakan-kerusakan pada elbow atau branch pipa. Pengikisan/erosi yang terjadi mengakibatkan penipisan pada dinding-dinding pipa sehingga pada satu waktu akan terjadi kebocoran pada beberapa bagian dari sistem perpipaan.

Fenomena ini bisa juga disimulasikan dengan menggunakan SOLIDWORKS Flow Simulation. SOLIDWORKS Flow Simulation merupakan software add-in analisa CFD pada SOLIDWORKS. Dengan menggunakan SOLIDWORKS Flow Simulation, user dapat mensimulasikan bentuk aliran yang terjadi pada suatu model, baik itu aliran yang terjadi di dalam model (internal flow) misalnya aliran fluida didalam pipa.

Ada banyak tipe fluida tersedia dalam database SOLIDWORKS Flow Simulation :

flow sim 1

Mendefinisikan batasan-batasan kondisi sistem yang terjadi :

flow sim 2

Lalu menggunakan fitur “particle study”, kita bisa menggambarkan batasan kondisi untuk benda solid/liquid yang ikut mengalir bersama dalam aliran :

flow sim 3

Lalu untuk hasilnya kita bisa lihat bagaimana partikel tersebut ikut dalam aliran :

flow sim 4

Juga berapa besar tingkat erosi yang terjadi pada dinding-dinding model, jika ingin mengukur efek erosi dari partikel terhadap dinding-dinding model yang dilalui aliran :

flow sim 5

Sekian artikel tentang SOLIDWORKS Flow Simulation untuk minggu ini.

Regards

Aufar (technical SOLIDWORKS Simulation)
PT Arisma Data Setia (Reseller SOLIDWORKS Indonesia)

Share

One response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks