SOLIDWORKS 2017 memiliki satu fitur baru yang memungkinkan kita bekerja menggunakan file CAD dari software lain. 3D Interconnect memungkinkan kita bisa menggunakan file part/assembly dari software CAD lain tanpa harus melakukan konversi terlebih dahulu. Cukup gunakan “Insert Components” seperti biasa, browse dan pilih file part/assembly yang akan digunakan.

Tentunya, sebelum anda dapat menggunakan fitur ini anda harus mengaktifkannya terlebih dahulu. Untuk mengaktifkannya, masuk ke Options dari menu Tools.

Pada “Import”, ganti File Format menjadi “Inventor/Catia V5/Creo/NX/Solid Edge”. Selanjutnya cek list “Enable 3D Interconnect”.

3d interconnect 1

Untuk software yang support dengan 3D Interconnect sendiri:

3d interconnect 2

Untuk contoh filenya kita gunakan file PTC:

3d interconnect 3

3d interconnect 4

3D Interconnect juga bisa digunakan jika ada revisi pada file yang digunakan. Caranya klik kanan pada part yang diimport sebelumnya, pilih “Update Model”.

3d interconnect 5

3d interconnect 7

Hasilnya tidak ada error pada referensi baik sketch/plane saat ditambahkan fitur cut, dan di assembly juga tidak terdeteksi error untuk referensi mate-nya.

3d interconnect 8

semoga tutorial solidworks kali ini dapat membantu..
Note: Khusus untuk file Catia® V5 hanya support pada SOLIDWORKS versi Premium.

 

Best Regards,

Panji Kusmanto | Technical Support
Arisma Data Setia | Authorized SolidWorks reseller since 1996

Share

One response

  1. […] 3D Interconnect merupakan fitur terbaru dan andalan dari SOLIDWORKS 2017, fitur tersebut mempunyai fungsi tersendiri yaitu mampu berkolaborasi dengan software yang berbeda. File desain 3D yang dibuat dengan solidworks 2017 ini dapat dibuka dan dijalankan dengan berbagai software lain yang digunakan oleh berbagai pihak lainnya. Sehingga proses modifikasi dan pergantian komponen dari desain yang kita buat menggunakan solidworks 2017, jika terjadi perubahan dapat dilakukan cukup dengan satu perintah saja yaitu “update module” tanpa harus mendesain ulang lagi. […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks