Anda dapat dengan mudah dan cepat membuat dan berbagi model gambar 3D organik dan ergonomis dengan 3D Sculptor, tetapi apakah Anda tahu bahwa aplikasi xShape 3D Sculptor juga dapat membantu Anda membuat pekerjaan cepat dari teknik terbalik,
termasuk mengubah geometri tessellated, seperti output geometri mesh dari optimasi topologi atau desain generatif, kepermukaan yang halus?

Surface dari scanning
3D laser Scanning menjadi lebih populer karena ketersediaan dan keterjangkauan scanner 3D yang genggam. Namun, data mesh yang dihasilkan dari 3D Scanning biasanya bukan kualitas yang diperlukan untuk desain akhir. Seringkali permukaan tidak rata
dan data mesh tessellated dan memiliki lubang di mana pada saat proses scan melewatkan geometri.

Selain itu, Anda biasanya scan objek untuk membuat versi baru, atau membuat pasangan atau pasangan yang cocok dengan objek yang sedang scan. Dalam kasus ini Anda ingin dapat dengan cepat memodifikasi geometri untuk mendapatkan bentuk yang tepat yang Anda butuhkan.

Permukaan dari Optimasi

Demikian pula, output dari optimasi topologi dan desain generatif membuat geometri yang biasanya tidak dianggap

sebagai bentuk desain akhir: Permukaan yang dihasilkan terlihat seperti dipukul dengan ribuan palu.

Dalam kebanyakan kasus, designer dan engineer ingin memuluskan geometri tessellated untuk menciptakan desain yang dapat diproduksi atau lebih estetis. Anda membutuhkan cara untuk membuat permukaan halus dengan cepat. Di sinilah

aplikasi 3D Sculptor xShape. 3D Sculptor membuat pekerjaan cepat untuk menghaluskan permukaan, baik dari file 3D CAD atau data mesh yang dihasilkan dari teknologi yang disebutkan di atas.

Cukup gunakan bentuk yang Anda miliki, dalam kondisi apa pun, sebagai referensi di latar belakang. Permukaan smoothing dan blending sangat mudah, dan lengkungan terus menerus antara permukaan yang sudah terpasang.

Before 3D Creator Surfacing

After 3D Creator Surfacing

3D Sculptor vs. Parametric Surfacing

3D Sculptor sangat mirip dengan pemodelan tanah liat, tetapi di komputer. Sebagian besar desainer mulai dengan sketsa, gambar impor, atau model 3D aktual sebagai referensi di latar belakang

dan merancang bentuk di sekitar jenis panduan referensi tersebut.

Namun, beberapa desainer suka menggambar desain mereka sendiri, tanpa apa-apa sebagai referensi – apa pun yang muncul di kepala mereka. Seperti halnya reverse engineering dan

smoothing mesh tessellated dengan Scanning 3D dan optimisasi topologi, desainer mulai dengan model desain 3D sebagai referensi.

Pada dasarnya Anda memahat atau “menguliti” bentuk di sekitar jaring atau model untuk membuatnya halus dan kemudian memodifikasinya ketika konsep atau ide berkembang. Dalam 3D

Sculptor, Anda dapat dengan cepat mendorong, menarik, skala, lipatan, dan menekuk model untuk mendapatkan bentuk yang Anda inginkan.

Menggunakan pemodelan permukaan parametrik untuk mencapai hasil yang sama akan sangat sulit dan memakan waktu.

Satu permukaan mungkin perlu membuat lusinan kurva kontrol, sehingga membuat bahkan perubahan topologi kecil, seperti

menambahkan lipatan tajam atau meratakan suatu daerah, bisa sangat memakan waktu dan mungkin membutuhkan waktu untuk mulai dari awal.

Desain yang hanya membutuhkan beberapa menit untuk dibuat dengan 3D Sculptor sering memakan waktu berjam-jam untuk

dibuat dengan pemodelan permukaan parametrik tradisional, dan perubahan yang membutuhkan waktu beberapa detik, dalam

3D Sculptor digunakan untuk mengharuskan desainer memulai kembali dengan pemodel permukaan parametrik.

3D Sculptor sangat mudah dan perubahannya sangat cepat sehingga sulit untuk dibandingkan dengan pemodelan parametrik tradisional.

Mulai dalam waktu singkat!

Yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet dan browser web. Tidak diperlukan perangkat keras khusus.

Jika Anda melakukan reverse engineering, optimasi topologi, atau desain generatif, Anda sekarang memiliki cara cepat untuk menghaluskan permukaan. Ingat, perubahan dalam model yang dibuat dengan 3D Sculptor dapat diperbanyak melalui pembaruan di desktop SOLIDWORKS®.

Share

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks