3DEXPERIENCE Works – Cloud untuk Simulation

Jika anda merupakan seorang pengguna SOLIDWORKS Simulation yang sedang memaksakan komputasi dengan skala besar dan kasus yang kompleks, mungkin anda akan tertarik dengan 3DEXPERIENCE Works Simulation. Kenapa? 3DEXPERIENCE Works Simulation tidak hanya memfasilitasi teknologi SIMULIA Abaqus dan Simulia CST Solvers tetapi juga memfasilitasi untuk Cloud Access dan juga High Performance Computers (HPC) sebagai pendukung komputasi ekstra ketika dibutuhkan. Pengguna bisa memilih untuk melakukan komputasi secara local (menggunakan PC sendiri) atau secara cloud (menggunakan HPC).

Hasil dari simulasi impact yang diselesaikan pada cloud menggunakan Abaqus di 3DEXPERIENCE Works Simulation

Cloud Computing dapat Menghemat Waktu Anda

Ketika menjalankan simulasi pada cloud, Lokal PC anda akan terbebaskan dari proses komputasi, sehingga anda dapat melakukan aktivitas/pekerjaan yang lainya seperti membuat design menggunakan SOLIDWORKS tanpa harus menunggu terlebih dahulu simulasi yang sedang berlangsung.

Menjalankan beberapa komputasi sekarang yang menjadi banyak permbicaraan pengguna. Tujuanya sudah jelas, kita bisa membuat beberapa model scenario sebagai desain alternatif dan mengirimnya pada cloud untuk komputasi. Sekarang anda bisa melakukan pekerjaan lain atau bahkan mematikan komputer sepanjang hari. Semua hasil simulasi akan siap dilihat pada pagi berikutnya.

Untuk analisis struktural Finite Element Analysis (FEA) menggunakan Abaqus akan mereduksi waktu komputasi dibandingkan dengan SOLIDWORKS Simulation, bahkan dengan 8 CPU Core khususnya untuk kasus nonlinier kontak. Abaqus solver di 3DEXPERIENCE Works structural simulation memliki skalabilitas yang tinggi ketika menambahkan beberapa CPU core untuk masalah yang besar dan kompleks.

Real-World Simulation Tests

Berikut ini tiga contoh: testing penguat pada rubber bushing, drop test kamera dan bolting cylinder head pada engine block. Contoh tersebut akan menggambarkan waktu yang dipakai ketika menjalankan simulasi menggunakan cloud vs local (PC sendiri). Anda akan memperhatikan skalabilitas komputasi ketika penambahan CPU Core. Sebagai pengguna anda akan melihat dua benefit yaitu pengurangan waktu komputasi dan waktu luang yang bisa anda pakai pada PC anda untuk melakukan tugas lain.

Testing Penguat pada Rubber Bushing
Drop Test Camera
Bolting Cylinder Head pada Engine Block

Dari beberapa contoh diatas dapat disimpulkan semakin banyak jumlah core akan mereduksi waktu kalkulasi untuk kasus Rubber Bushing dengan menggunakan 18 Core akan mengurangi waktu komputasi sebesar 54%. Pada kasus Drop Test Camera  dengan menggunakan 36 Core akan mengurangi waktu komputasi sebesar 91% sedangakan untuk Bolting Cylinder Head pada Engine Block dengan menggunakan 144 Core akan mengurangi waktu komputasi sebesar 95%.

Cloud Computing Offers Flexible Scalable Compute Resources

SIMULIA terknini memperkenalkan satu kesatuan model lisensi untuk menghitung lisensi yaitu SimUnits. Itu berarti kita bisa memiliki 1 pool lisensi untuk dapat menjalankan berbagai analisa physics seperti Structure, Fluids, Plastics dan Electromagnetics. Berdasarkan projek yang dibutuhkan, kita bisa memilih diantara SimUnits Credits atau SimUnits Tokens dengan perbedaan seperti berikut:

1.SimUnits Credits : Biasa digunakan untuk jangka waktu yang jarang atau frekuensi penggunaan yang rendah. Dengan menggunakan tipe ini credits layaknya pulsa yang lama kelamaan akan habis jika sering digunakan. SimUnits juga bisa dibagikan kepada grup engineering yang membutuhkan untuk melakukan analisis.

2.SimUnits Tokens : Biasa digunakan untuk jangka pendek atau dengan intensitas yang sering/ berulang. Penggunaan tipe ini SimUnits tidak akan habis karena setiap selesai digunakan maka tokens akan kembali semula dan bisa digunakan kembali untuk melakukan analisis berikutnya.

Cloud Computing is Easier Than You Think

Komputasi Cloud tidak membutuhkan preparasi hardware yang kompleks dan mahal atau perawatan kluster High Performance Computing (HPC). Dengan menggunakan 3DEXPERIENCE Platform, HPC Clusters sudah tersedia di cloud dan siap digunakan untuk semua user yang sudah punya akses.

Sekarang, setiap 3DEXPERIENCE Works Simulation Role sudah termasuk kapasitas perhitungan komputasi baik Lokal maupun Cloud. Alur kerja untuk menjalankan local ataupun cloud mirip dan dapat diakses secara mudah pada user interface. Berikut ini ilustrasi diagram alir yang dimulai dari SOLIDWORKS.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.