injection plastic

injection plasticPernahkah Anda berfikir untuk mengganti bagian logam Anda menjadi plastik? Ini mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat terutama ketika menyangkut fleksibilitas pembuatan, waktu siklus produksi yang lebih cepat, dan efektivitas biaya untuk mengganti part logam dengan part plastik.

Artikel berikut  adalah beberapa praktik umum terbaik  mengenai desain dan kemampuan manufaktur, Cara terbaik untuk mengganti part logam menjadi part termoplastik adalah dengan mendesain ulang komponen-komponen  yang harus didasarkan pada persyaratan khusus dari produk. Ini biasanya melibatkan pengerjaan berbagai desain awal untuk bagian termoplastik baru dan kemudian memilih dan menyempurnakannya. kalau hanya dengan menyalin desain produk logam dan sedikit perubahan untuk mengakomodasi kriteria manufaktur cetakan termoplastik ini sangat tidak dianjurkan. karena Desain part plastik yang baru juga harus sesuai dengan kebutuhan material dan proses pencetakannya. Inilah alasannya:

baca juga : pengujian virtual dengan solidworks plastic

Panduan terperinci untuk ribs, bosses, draft, holes, dan fitur lainnya khusus untuk bahan-bahan tertentu.
Beberapa pedoman desain umum yang penting bagi desainer bagian cetakan yang perlu dipertimbangkan adalah:

1.Ketebalan dinding
2.Jumlah cavity
3.Produksi lebih tinggi dengan waktu siklus yang lebih pendek
4.Tidak ada operasi secondary tooling

dibawah ini adalah contoh yang menggambarkan perbedaan pada bagian manufaktur yang terbuat dari logam dan dari plastik:

solidworks plastik

Seperti yang dapat Anda lihat pada gambar diatas dari sisi kiri pada gambar di atas, ketebalan dinding sangat berbeda antara versi logam dan plastik. Versi logam yang memiliki ketebalan dinding yang tidak seragam juga tidak menunjukkan fillet pada proses produksi. Ini biasanya bisa menjadi proses sekunder atau multi stage mati. Namun, versi plastik bisa terlaksana dalam satu proses produksi. Oleh karena itu siklus desain ke manufaktur yang lengkap dapat dicapai dengan biaya lebih sedikit dan lebih fleksibel.

Serat plastik bertulang (FRP – Fiber reinforced plastics) lebih kuat dari plastik polimer biasa. Ini memberi Anda pilihan tambahan pada aplikasi spesifik yang akan memenuhi kriteria desain, manufaktur dan fungsional dari produk akhir anda.

Dengan cetakan multi rongga, dan mesin cetak berkecepatan tinggi, waktu siklus menjadi lebih cepat dengan sistem hot runner. Singkatnya, mengganti bagian logam dengan termoplastik dapat menyebabkan keuntungan teknik dan bisnis yang jelas seperti:

-Pilihan desain lebih banyak pada aplikasi tertentu
-Desain produk yang lebih baik
-Mengurangi operasi sekunder
-Memotong biaya produksi
-Mendapatkan keunggulan yang kompetitif

dengan menggunakan SOLIDWORKS dapat meningkatkan fleksibilitas, memeriksa cacat desain, dan memperbarui desain dengan cepat menggunakan file yang sama yang dapat digunakan dalam model logam dan plastik.

SOLIDWORKS plastik dapat menggunakan file bagian yang sama untuk memprediksi hasil desain bagian cetakan injeksi. Intinya simulasi cetakan injeksi desain dan plastik dilakukan di lingkungan terpadu yang sama. Membuat perubahan desain menjadi lebih mudah dan cepat, dilacak dan disimpan dengan menggunakan konfigurasi. Fungsi konfigurasi terdapat pada fitur SOLIDWORKS yang unik, yang memberikan kemampuan untuk mengubah dimensi desain, jenis material, sifat visual dan banyak lagi. Skenario desain injection molding plastik dapat diatur dan disimulasikan secara otomatis untuk memverifikasi bagian manufakturabilitas sebelum memotong logam pada cetakan.

SOLIDWORKS plastik membantu memprediksi, mengidentifikasi, mengurangi dan memperbaiki kesalahan manufakturabilitas bagian plastik sejak awal dalam proses perancangan dan desain. dapat mengatasi Masalah utama dengan mudah seperti short short, perangkap udara, jalur pengelasan, pembekuan gerbang, tegangan sisa, susut volumetrik, warping, dll, dan tentunya dapat menghemat waktu, uang dan benar-benar merampingkan komunikasi antara perancang, design engineer dan tooling engineer.

untuk informasi harga, support dll, terkain dengan SOLIDWORKS plastic bisa langsung menghubungi kami (PT Arisma Data Setia) sebagai reseller resmi SOLIDWORKS di indonesia

Share

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks