Memahami desain komponen plastik

Part atau komponen dari plastik sekarang umum dalam desain produk konsumen, dan untuk alasan yang bagus dan menarik konsumen. Pilihan warna yang sangat tahan lama dan tentu saja, pilihan yang tidak mahal saat diproduksi dalam volume tinggi. Untuk engineering dan desain di URB-E, tidak ada yang lebih cerdas untuk menggunakan komponen plastik untuk bemper dan penutup baterai untuk meningkatkan produksinya. Tapi apakah ini berarti Anda harus menjadi ahli dalam komponen plastik untuk dapat merancang di SOLIDWORKS? Sebelum kami menjawab pertanyaan itu, mari kita lihat lebih dekat beberapa faktor desain penting yang mengatur desain komponen plastik yang terbaik.

1. Drafted walls

Kebutuhan untuk Drafted walls pada komponen plastik yang dicetak secara injeksi adalah fitur desain yang tidak dapat dihindari. Memiliki draf yang tepat akan memastikan komponen mudah meluncur keluar dari cetakan saat dikeluarkan dan menghindari kerusakan pada komponen plastik dan mold. Dengan menggunakan SOLIDWORKS, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi face dalam model 3D Anda yang memerlukan sudut draf menggunakan feature analisis draf. Ini adalah langkah penting dalam komponen yang terlihat di bawah ini, yang merupakan penutup baterai untuk URB-E. komponen ini awalnya dirancang untuk bentuk dan fungsi dan dicetak 3D, yang berarti dinding draf tidak dipertimbangkan dalam tahap desain awalnya.

sw electrical

• untuk menggunakan feature analisis Draft, cukup pilih face yang sejajar dengan arah tarikan (arah keluar bagian slide cetakan) dan tentukan sudut draf minimum yang diizinkan. Model 3D akan diwarnai untuk menunjukkan wajah dengan draf positif, negatif, atau tidak ada.
sw plastic

• Selain memastikan komponen tersebut terlepas tanpa masalah apa pun, kode warna positif atau negatif akan membantu menentukan di mana garis pemisah dan atau shut off dapat ditemukan.

2. Avoiding Undercuts

• Undercuts di bagian desain plastik dapat menyebabkan bagian yang akan terjebak dalam cetakan setelah terbentuk. Ini biasanya menghasilkan banyak waktu mendesain ulang dan cetakan ulang, yang bisa sangat memakan waktu dan belum lagi mahal juga. Undercuts harus dihindari di semua biaya. Mirip dengan alat analisis draf, Analisis Undercut terletak di tab Evaluate.

sw plastic 2

  • Feature analisis undercut memungkinkan pengguna untuk menentukan arah tarikan (seperti feature analisis Draft) atau feature untuk mengidentifikasi garis perpisahan yang dapat menyebabkan undercut.

sw plastic 3

  • Melihat gambar ini di atas, kita tampaknya berada dalam kondisi yang baik untuk penutup baterai URB-E ini.

    3. pakah komponen akan mengisi selama proses injection mold ?

  • SOLIDWORKS adalah tool untuk permodelan seperti shelling, ribbing dan surface membantu designer dalam mendesign komponen plastic dengan cepat dan mudah. Namun, pertanyaan lama usia adalah: akankah plastik mengisi sepenuhnya dalam cetakan? Ketebalan dinding, lokasi injeksi, viskositas material dan tekanan injeksi adalah beberapa parameter yang dapat menentukan apakah bagian tersebut terbentuk sepenuhnya atau mengalami bidikan pendek. SOLIDWORKS Plastik menggunakan alat yang intuitif dan mudah digunakan untuk menentukan dengan cepat bagaimana cetakan akan mengisi. Jika memberikan menggunakan tampilan dalam ke bagaimana plastik cair mengalir dan terbentuk di dalam rongga cetakan.

sw plastic 4

  • Selain melihat aliran, SOLIDWORKS Plastics akan membantu seorang desainer menentukan apakah ada fitur yang menyebabkan kesulitan dalam pengisian atau jika tekanan injeksi spike pada gilirannya akan menyebabkan masalah gate freezing. Dengan SOLIDWORKS Plastics mampu mengidentifikasi masalah aliran ini lebih awal akan membantu proses desain ulang komponen tanpa harus menebak desain yang paling optimal.

sw plastic 5

  • Untuk mengambil langkah lebih jauh, SOLIDWORKS Plastics juga mengidentifikasi weld lines dalam model di akhir tahap pengisian. Misalnya, dengan casing baterai ini, weld lines di daerah-daerah kritis dapat menyebabkan komponen tersebut rusak selama operasi jika mengalami benturan kekuatan tinggi di atasnya. Weld lines biasanya dapat berpindah ke area non-kritis dengan memodifikasi geometri atau mengubah lokasi gate. Keduanya dapat dilakukan dengan cepat di dalam SOLIDWORKS Plastics untuk melihat bagaimana perubahan akan mempengaruhi proses injection.

sw plastic 6

Jadi, apa jawaban atas pertanyaan yang membuka artikel ini? Menggunakan tool yang sepenuhnya terintegrasi dalam SOLIDWORKS, ada sedikit atau tidak ada alasan mengapa designer komponen plastik yang kurang berpengalaman tidak akan dapat mendesain komponen plastik fungsional. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana tim URB-E menggunakan SOLIDWORKS untuk menyiasati tantangan desain ketika mendesign komponen plastik untuk URB-E.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.