MENYEMPURNAKAN FOTOREALISME MENGGUNAKAN DEPTH OF FIELD

Meningkatkan realisme dalam rendering adalah sesuatu yang diperjuangkan oleh banyak pengguna KeyShot dan salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan menggunakan Depth of Field. Depth of Field (DOF) adalah aspek fotografi yang sangat penting dalam rendering Anda.

Menerapkan Depth of Field di KeyShot

Depth of Field adalah efek yang Anda lihat di antara item dalam fokus dan item di luar fokus. Terkadang item di latar depan berada dalam fokus dan terkadang item di latar belakang berada dalam fokus. Anda akan melihatnya digunakan dalam foto dan film, untuk memfokuskan perhatian Anda pada satu area gambar atau animasi. Terkadang bisa sangat halus dan terkadang bisa sangat ekstrim. Jadi, mari pelajari cara menangkapnya di KeyShot.

Aktifkan Depth of Field

Depth of field ditemukan di tab Camera di Project window Anda. Ini bekerja paling baik untuk menyiapkan kamera Anda terlebih dahulu, lalu aktifkan Depth of Field. Klik kotak centang Depth of Field di bagian paling bawah.

  • Atur Jarak Fokus Anda

Tentukan Depth of Field yang menunjukkan seberapa banyak dan bagian mana dari pemandangan yang menjadi fokus. Untuk menerapkan Depth of Field, pertama-tama pilih ikon crosshair untuk mengatur titik fokus Anda dalam Tampilan Real-time.

  1. Sesuaikan F-stop

Menyesuaikan F-stop menambah softness pada pemandangan Anda di luar titik fokus. Tanpa Depth of Field yang diaktifkan, Anda bisa merasakan ada sesuatu yang hilang. Dengan F-stop default 1, gambar memiliki Depth of Field yang sangat dangkal. Dengan F-stop 30, Anda mendapatkan Depth of Field yang lebar, tetapi fokus bisa hilang pada level ini. Di antara 1 dan 10 adalah titik awal yang baik tetapi juga tergantung pada kebutuhan atau preferensi Anda.

  • Menggunakan Tampilan Geometri untuk Menyesuaikan Kedalaman Bidang

Saat Anda menyesuaikan Jarak Fokus dan F-stop, ini membantu untuk membuka Tampilan Geometri. Di sini, Anda mendapatkan representasi visual yang lebih baik tentang di mana tepatnya fokus dan kelembutan akan terjadi. Ingat, jika Anda menyesuaikan kamera, titik fokus akan berubah. Untuk mencegah hal ini, cukup kunci kamera Anda ketika pengaturan Depth of Field sudah ditetapkan

Menggunakan Depth of Field dapat dengan cepat dan mudah mengambil pemandangan biasa dan mengubahnya menjadi gambar yang menarik. Ini mungkin salah satu hal termudah yang dapat dimanfaatkan dalam KeyShot saat mencoba meningkatkan fotorealisme. Jadi, saat Anda ingin membawa gambar itu ke level berikutnya, jangan lupa untuk mencoba Depth of Field.

            Demikian sharing terkait dengan pentingnya penggunaan Depth of Field pada proses rendering, untuk menghasilkan fotorealisme yang lebih bagus dan lebih real. Semoga sharing kali ini dapat bermanfaat untuk aktifitas desain anda.

Terimkasih,

source: Enhanced Photorealism Using KeyShot Depth of Field

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.