Cara membuat animasi spring dengan SolidWorks

Haii semua User SolidWorks Indonesia, Apa kabarnya nihh??Pastinya baik-baik saja bukan??

Pada kesempatan ini di Tutorial SolidWorks, saya ingin membagikan cara membuat animasi spring. Beberapa User SolidWorks ada yang bertanya – tanya seperti ini, “Bagaimana cara membuat animasi spring yang bisa bergerak seperti ditekan atau ditarik pak??” dan juga ada pertanyaan seperti ini, “Apakah perlu menggunakan SolidWorks yang tingkat nya lebih tinggi untuk membuat animasi tersebut?”

Nahh jangan khawatir sobat. . .hanya dengan SolidWorks Standard saja kita sudah bisa membuat animasi spring seperti pertanyaan diatas. Ingin tau cara membuatnya?penasaran? Yukk. . .ikuti langkah – langkahnya dibawah ini.

  1. Kita akan membuat Spring terlebih dahulu dengan menggunakan Swept( Twist along Path ) Silakan anda buat 2 buah sketch, yaitu sketch sebuah garis lurus dan sketch lingkaran seperti gambar dibawah ini.

    2. jika sudah selesai membuat 2 sketch nya, silakan anda pilih feature Swept lalu setting Options seperti pada gambar dibawah ini.


    3. Setelah jadi bentuk spring yang dibuat.  Pada bagian kedua ujung nya kita potong menjadi rata.  Sebelum dipotong, kita buat terlebih dahulu plane untuk bagian ujung atas. Cara nya bisa anda lihat dibawah ini.

    4. Setelah jadi plane untuk bagian ujung atas spring. Langkah yang selanjutnya adalah memotong kedua ujung spring menggunakan Cut with Surface. Untuk pemotong kedua ujung spring, menggunakan top plane dan plane 1( plane baru ). Arah pemotongan disesuaikan dengan bagian yang ingin dipotong. Lebih jelasnya bisa anda lihat dibawah ini.



    5. Setelah jadi bentuk rata dibagian kedua ujung. Silakan anda save terlebih dahulu.  Lalu anda buat 1 part lagi seperti di bawah ini.  Fungsi dari part ini adalah sebagai pendorong/penarik untuk spring nya. Sebut saja part ini adalah Block.
    6. Setelah anda membuat part seperti gambar diatas, buatlah 1 Assembly seperti gambar di bawah ini.  Assembly tersebut adalah rakitan dari Spring dan 2Block.
    7. Setelah dibuat Assembly seperti gambar diatas, langkah selanjutnya adalah edit panjang spring.  Panjang spring ini di setting point nya coincident dengan salah satu edge pada Block.  Langkah – langkah lebih detail nya dapat anda lihat dibawah ini.




    8.  Setelah diatur coincident antara point dan edge.  Selanjutnya bisa anda Exit Edit Component

    9.  lalu anda masuk ke motion study, untuk membuat animasi spring-nya. Pertama, anda klik Motion Study pada bagian kiri bawah layar.  Kemudian tarik time bar menuju durasi waktu yang diinginkan seperti pada gambar no.2 dan no.3.



    10. Kemudian langkah selanjutnya adalah menggeser Block bagian atas ke arah bawah ( gambar no.1 ).  Lalu pada time line akan muncul seperti gambar no.2 yang diberi tanda melingkar, kemudian anda geser lagi time bar menuju durasi waktu selanjutnya. Setelah itu anda geser kembali Block bagian atas ke arah atas ( gambar no.3 ).  Anda bisa lakukan hal tersebut secara berulang kali jika ingin memiliki durasi waktu yang lebih lama.

    11. Jika anda sudah melakukan langkah2 diatas, untuk melihat hasil akhir nya bila anda play animation.

    Apabila anda ingin dalam bentuk file video, silakan email ke yohanes@arismadata.com

    Semoga tutorial solidworks  ini dapat berguna bagi kita semua, apabila ada hal ingin ditanyakan silakan hubungi kami.

     

    Salam
    Yohames

    Tim Technical Support SolidWorks  PT. Arisma Data Setia

     

Share

One Reply to “Cara membuat animasi spring dengan SolidWorks”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.