GENERATE FILE DXF, DWG SHEET METAL UNTUK PROSES FABRIKASI

Penggunaan fitur Sheet Metal di SOLIDWORKS sangat membantu para penggunanya untuk melakukan proses pembuatan 3D Desain Part yang akan diproduksi dari bahan awal sebuah lembaran Plat. Biasanya setelah membuat 3D Desain Sheet Metal para user akan masuk ke proses pembuatan 2D Drawing dengan memasukkan view Flat Pattern untuk dapat digunakan dalam proses fabrikasi part tersebut.  

Sebenarnya ada sebuah cara lain yang dapat digunakan untuk lebih cepat mengenerate 2D Drawing yaitu dengan melakukan Save-As kedalam tipe .Dxf. Selain lebih cepat, melakukan save kedalam .Dxf juga memudahkan kita dalam meng-edit tiap garis untuk kita masukkan atau ingin kita hapus. Caranya tinggal pilih “Save-As” lalu ganti Tipe File menjadi .DXF, maka akan muncul settingan DXF/DWG Output nya.

Di Settingan tersebut kita dapat mengatur yang mau kita Export adalah bentukan Sheet Metal, Surface / Garis dari part tersebut, atau Annotation Views-nya. Kemudian rekan-rekan dapat memilih bodies mana saja yang mau di Export, dan menentukan Entities apa saja yang mau di Export. Lalu, rekan-rekan menentukan Alignment hasil 2D-Drawing nya nanti serta memilih dari beberapa Bodies ingin di Generate dalam 1 file yang sama, atau beberapa file yang terpisah.

Yuk silahkan langsung dicoba dengan melihat video berikut ini :

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.