Untuk rekan-rekan yang menggunakan SOLIDWORKS terutama dalam Assembly untuk membuat suatu alat yang bekerja / bergerak dengan menggunakan mekanisme sebuah Belt atau Rantai (Chain), fitur yang akan dibahas ini merupakan solusinya. Biasanya untuk membuat sebuah mekanisme kerja Belt/Chain rekan-rekan melakukan mating Parallel dengan mengambil acuan Plane dari tiap komponen-nya. Namun, hasilnya terkadang menjadi kurang sesuai dengan apa yang diharapkan.

baca juga : KONFIGURASI DAN SETTING MENAMPILKAN OPTION KONFIGURASI DIASSEMBLY

 Dengan menggunakan “Assembly Features” yaitu Chain/Belt rekan-rekan dapat dengan mudah melakukan mating untuk mendapatkan mekanisme kerja / gerak sebuah belt/rantai yang saling menghubungkan tiap komponen di Assembly. Cara-nya cukup mudah, tinggal akses Fitur Chain/Belt dari Menu “Assembly Features”, lalu pilih komponen yang akan disatukan dengan Belt/Rantai, tentukan besaran diameter lingkaran dari tiap komponen, tentukan juga untuk Panjang total Belt/Rantai dan Diameter dari Belt/Rantai -nya. Setelah itu rekan-rekan bisa memilih untuk men-create Part Belt nya atau tidak.

Untuk lebih jelasnya, silahkan lihat video berikut ini :

Share

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks