MENGGUNAKAN FITUR DIMXPERT UNTUK MEMUNCULKAN DIMENSI PART

Pernahkan rekan-rekan diminta oleh atasan, oleh rekan kerja, atau oleh Client saat melakukan Presentasi terkait produk desain yang sudah dibuat, langsung dengan membuka file 3D. Dan mereka meminta untuk ditampilkan ukuran-ukuran dimensi-nya. Tentu kita akan kesulitan karena harus melakukan klik satu per satu, pada tiap sketch yang dibuat atau pada permukaan yang ingin dilihat, supaya dimensi-nya dapat muncul. Tenang, ada solusinya yaitu menggunakan fitur DimXpert, mari simak sampai habis artikel ini.

Fitur DimXpert dapat langsung digunakan dengan mengakses dari Tab Feature Manager di sebelah kiri, untuk letak tepatnya DimXpert ada disebelah kanan Tab Konfigurasi. Langsung pilih Icon “Auto Dimension Scheme” dan lakukan setting pada Part Type, Tolerance Type, Pattern Dimensioning sesuai dengan yang kita inginkan. Lalu pilih Primary, Secondary, dan Tertiary Datum sebagai lokasi Face untuk memunculkan Dimensi-nya.
Setelah semua tersetting, maka akan langsung otomatis muncul Dimensi keseluruhan Part-nya. Dan dari DimXpert ini kita tidak perlu mengklik pada sebuah Face, karena Dimensi DimXpert ini akan muncul terus, walaupun kita Rotate Part-nya. Dan saat masuk ke proses 2D Drawing, kita dapat langsung memunculkan dimensi dari DimXpert-nya. Sehingga tidak perlu lagi menggunakan fitur Model Items.

Silahkan lihat pada video di link berikut ini untuk cara penggunaannya :

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.