Desain Sepeda Brompton Dibuat Dengan SOLIDWORKS

Maraknya bersepeda dan gowes ria dengan rekan atau keluarga dimasa pandemic yang terjadi saat ini memunculkan trend tersendiri, salah satunya adalah trend sepeda lipat, harga nya ada yang terbilang fantastis seperti sepeda lipat yang dibuat oleh Brompton yang menjadi banyak pembicaraan dikalangan goweser karena harganya yang bisa dibilang cukup fantastis.

Brompton Bicycle adalah sebuah produsen sepeda lipat / folding bike yang berkantor pusat di Greenford, London yang didirikan pada tahun 3 Juni 1976 oleh andrew ritchie, Produk utama Brompton adalah sepeda lipat dan aksesorisnya. Semua model sepeda lipat yang dibuat Brompton memiliki bingkai sepeda berengsel yang sama. Variasi antar model diciptakan melalui penambahan, pengurangan, maupun penggantian suku cadang sepeda dengan titanium.

Kenapa kita membahas Brompton, jika diindonesia ada customer kami yaitu sepeda anak FAMILY dan POLYGON yang juga salah satu produsen sepeda terbesar, ternyata Brompton juga menggunakan software 3d Cad SOLIDWORKS untuk mendesain sepada lipatnya.

Menurut salah satu design manager Brompton Steve Rickels, Ketika pertama kali dimulai sebuah desain semua dilakukan pada kertas kalkir, dan kemudian tugas utamanya adalah mengubah semua gambar menjadi desain 3D CAD. pihak brompton sebelumnya melakukan banyak perubahan ini dengan AutoCAD dan Mechanical Desktop karena itu adalah apa yang Steve Rickels tahu dan telah digunakan pada masa lalu,

image source https://www.solidsolutions.co.uk/uploaded/documents/News/DEVELOP3D—Brompton.pdf

Tetapi semakin hari semakin banyak lagi Brompton membutuhkan desainer di dalamnya, yang berarti lebih banyak lisensi untuk perangkat lunak, dan fakta bahwa Autodesk tidak lagi mendukung Mechanical Desktop, Rickels harus menemukan perangkat lunak CAD yang baru. “Kami harus meninggalkan Mechanical Desktop karena itu adalah program yang usang,” jelasnya. “Kami pada dasarnya telah menetapkan pilihan untuk SOLIDWORKS atau Inventor.

Dan Pada akhirnya, setelah banyak berfikir dan berdebat, Steve Rickels memutuskan bahwa yang terbaik untuk dilakukan adalah dengan menggunakan SOLIDWORKS karena kami merasa bahwa lebih banyak supplier kami yang menggunakannya. ”

SOLIDWORKS sekarang digunakan di Brompton untuk mendesain komponen baru, menggambar ulang sepeda dan mengonversi semua file Desktop Mekanis lama ke SOLIDWORKS, dan juga merancang tooling dan peralatan spesialis untuk pabrik.

image source https://www.solidsolutions.co.uk/uploaded/documents/News/DEVELOP3D—Brompton.pdf

Dari menggunakan pena dan kertas, Brompton Cycles telah melalui proses slangkah lebih maju dengan mentransfer semua pekerjaan mereka dari 2D ke 3D dengan membeli SOLIDWORKS setahun setengah yang lalu dengan dukungan dari Solid Solutions. Sejak itu, semua desain 2D asli telah diperbarui, dengan menggunakan SOLIDWORKS untuk merancang komponen baru serta mengembangkan perkakas spesialis untuk pabrik.

‘Siapa saja dapat membeli sepeda Brompton, mengukurnya, dan mencoba membuat salinannya. Tetapi tanpa alat untuk mematri dan yang lainnya, mereka akan merasa sulit untuk membuat sepeda yang akurat hanya dengan melakukannya dengan tangan ’ Rickels, manajer desain, Brompton.

Jadi desain unik dan harga fantastis untuk sepeda BROMPTON dihasilkan oleh SOLIDWORKS begitupun dengan produsen Sepeda POLYGON dan sepeda anak FAMILY yang sudah menjadi customer kami. jadi kenapa anda sekarang tidak beralih menggunakan SOLIDWORKS untuk menghasilkan desain-desain terbaik anda.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.