Salam hangat untuk para Engineer di seluruh Indonesia. Salah satu tool hebat dan mudah digunakan di 3DEXPERIENCE Platform adalah 3DPlay. 3DPlay digunakan untuk melihat data di platform tetapi juga dapat melakukan lebih banyak hal.
Setiap orang yang memiliki peran sebagai Collaborative Business Innovator, peran dasar yang Anda perlukan untuk mendapatkan akses ke platform, memiliki akses ke aplikasi 3DPlay. Dapat diakses melalui kompas 3DEXPERIENCE dan dapat ditambahkan sebagai widget ke tab mana pun di dashboard Anda. Untuk melihat file itu cukup sederhana dengan hanya drag and drop dari jendela 3DSpace, jendela hasil Pencarian, Bookmark, atau banyak tempat lain di mana Anda dapat menelusuri / menemukan konten di platform.

Anda dapat menggunakannya untuk melihat model 3D serta file gambar, PDF, dan banyak lagi jenis file lainnya. Anda mendapatkan kemampuan zoom / pan / rotate “melihat” tetapi ada lebih dari itu. Apa saja? Mari kita simak.

Measure

Melakukan pengukuran dengan cepat pada Model 3D dan dapat membiarkan pengukuran tetap ditampilkan di layar. Anda dapat menambah atau menghapus pengukuran apa pun yang Anda inginkan.

Mark Up

Kemampuan untuk menambahkan catatan yang diketik atau ditulis tangan dan menggambar di layar dengan mouse, pena, atau jari Anda. Dengan semua jenis file yang dapat dilihat oleh 3DPlay, Anda memiliki kemampuan untuk menandai gambar, pdf, gambar, dan lebih dari sekadar Model 3D CAD.

Section View

Berbeda dengan zw3d , 3DPlay juga menyediakan tool yang dapat menampilkan section view dan mengatur plane untuk memotong model. Atur orientasi plane dengan alat pop up sederhana, lalu seret plane tersebut untuk melihat secara dinamis ke dalam bagian atau file assembly.
Anda dapat memasang plane ke lubang, tepi, atau titik, memutar plane dalam sumbu apa pun di sekitarnya, membalik tampilan ke arah yang Anda butuhkan. Ada juga alat untuk mengatur view orientasi Anda normal ke section plane dan kemudian menggunakan slider bar untuk memotong model.

Explode
Saat melihat di 3DPlay pada assembly, ada alat Explode dan slider bar untuk melakukan explode dan collapse semua komponen dalam assembly dan melihat apa yang ada di dalam assembly tersebut.

Collaboration / Design Review
Jadi, Anda telah menggunakan semua tool hebat di 3DPlay untuk mendapatkan apa yang Anda butuhkan dari file, tetapi bagaimana jika Anda ingin berbagi markup, section view, atau pengukuran dengan orang lain dalam proses development?

Solusi untuk hal tersebut adalah “Share to 3DSwym”. Ini akan memungkinkan Anda membuat postingan di salah satu komunitas Swym Anda dengan gambar yang tertanam di dalamnya sehingga orang-orang dapat melihat apa yang Anda bicarakan dan kemudian tentu saja memulai percakapan dan kolaborasi dengan membalas postingan Anda.

Aplikasi ini benar-benar hebat / menyenangkan untuk touch device, baik itu laptop touchscreen, tablet, atau ponsel, dan karena aplikasi ini berjalan di browser (seperti kebanyakan aplikasi di Platform 3DExperience) semua fungsi ini tersedia untuk siapa saja di perusahaan Anda, di mana pun mereka berada.
Salah satu dari banyak jenis file yang dapat dilihat pada 3DPlay adalah .SMG. Ini adalah tipe file keluaran standar untuk SOLIDWORKS Composer, alat untuk membuat assembly instruction. Daripada memiliki seseorang yang ingin Anda bagikan Composer output dengan semua masalah dan upaya untuk mengunduh Composer Player tool hanya untuk melihatnya, 3DPlay adalah alternatif yang hebat dan mudah.

Penggunaan 3DPlay yang lainnya adalah ketika file dibagikan dengan orang-orang di luar perusahaan / platform Anda melalui aplikasi dasar lain yang disebut 3DDrive, aplikasi 3DPlay secara otomatis include kedalamnya. Ini memberi seseorang yang tidak memiliki role dan bahkan tidak terkait dengan platform Anda dengan cara apa pun kemampuan untuk melihat file (dan bahkan menandainya) sebelum mengunduh atau menyetujuinya.
Kesimpulan dari yang disampaikan diatas, 3DPlay pada platform 3DEXPERIENCE menawarkan kepada user yaitu cara mudah untuk melihat, mengukur, dan hal yang lain pada sistem cloud. Gambar yang dihasilkan dari 3DPlay pun juga dapat dimanfaatkan untuk sharing kepada user yang lain sehingga dapat membuat seluruh organisasi Anda tetap berkolaborasi, terhubung, dan terupdate.
Demikian sharing terkait dengan 3DPlay. Semoga sharing kali ini dapat menambah wawasan, ide, dan kreatifitas serta bermanfaat untuk aktifitas desain anda.

Terimakasih,

Share

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks