Cara Export Report SOLIDWORKS Electrical ke Dalam Excel

Pada tutorial solidworks basic kali ini kita akan membahas cara meng-export report dari SOLIDWORKS Electrical ke Excel. Report yang dapat di-export pada excel dapat beragam, baik report Bill Of Material (BOM), List of the cable (panjang kabel), List of wire by line style (panjang wire) dan lainnya. Berikut tahap-tahap yang dapat dilakukan untuk proses export report SOLIDWORKS Electrical ke dalam Excel :

1.Pada bagian ribbon menu Project, pilih Report

2. Pilih Excel export pada bagian window Report manager.

3. Pilih pada bagian kolom kosong sebelah kiri (pada gambar bagian yang diberikan kotak berwarna merah)

Untuk report mana saja yang akan di export ke dalam excel. Untuk mengexport seluruh report, dapat langsung memilih kolom pada Explode all reports (kolom yang diberi kotak berwarna biru). Kemudian setelahnya, kita dapat memilih Next.

4. Pada bagian kolom Target folder, anda dapat menentukan pada folder mana report excel anda akan disimpan. Bila sudah, kemudian dapat memilih Finish.

Hasilnya, Report dalam file excel akan mendata keseluruhan report dari Bill Of Material, seperti pada gambar di bawah ini. Untuk keseluruhan report Bill Of Material digabungkan pada satu sheet pada excel.

Jika pada bagian sebelumnya anda mengklik atau mencentang kolom One sheet by break, seperti pada gambar di bawah ini,

Maka untuk hasil darireport excel nya, tiap sheet terwakilkan atas satu manufacture. Artinya dalam satu file excel untuk report Bill Of Material akan berisi beberapa sheet, sesuai dengan banyaknya manufacture.

Selanjutnya, apabila pilihan Add created file to project dipilih, maka report file excel akan masuk ke dalam project SOLIDWORKS Electrical.

Pada bagian ini, kita harus memilih terlebih dahulu posisi file excel pada bagian project yang sudah kita buat sebelumnya. Apabila posisi sudah ditentukan, kemudian dapat memilih OK.

Maka hasilnya file excel yang sudah kita export akan tersimpan pada project Electric yang sedang kita buka. Untuk penempatannya sesuai dengan posisi yang sebelumnya sudah kita pilih.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.