Cara Membuat Individual Bodies didalam WELDMENT pada SOLIDWORKS

Saat mendesain Weldment di SOLIDWORKS Anda membuat file bagian multi-body (bukan Assembly parts). Saat detailing WELDMENT, persyaratan juga untuk detailing semua body di dalam model sehingga setiap bagian dapat diproduksi. Seringkali bagian yang sedang dibuat tidak dapat dibuat oleh orang yang sama, atau bahkan perusahaan yang sama sehingga kita akan sering membutuhkan file gambar terpisah dengan persyaratan detailing terpisah.

weldment

Jadi dalam SOLIDWORKS; kita telah membuat Weldment kita dan itu terlihat bagus. Kita juga telah membuat gambar 2D model yang merinci dimensi. Tapi sekarang yang Kita butuhkan adalah lembar gambar terpisah untuk setiap dody weldment.

Bagaimana cara melakukannya???

Yang perlu kita lakukan adalah menggunakan perintah “Save Bodies”. Perintah Save Bodies dapat ditemukan di 2 tempat;

  1. Insert>Features>Save Bodies

weldment 2

2. Right Click the Cutlist folder in the Feature Manager Tree and select Save Bodies

savebodies

Yang manapun hasilnya adalah sama.

Setelah Kita mengklik Save Bodies, Kita disajikan dengan Properti Manajer Save Bodies. Di sini Kita dapat secara individual memberi nama bodies kita (nama-nama ini akan menjadi nama file tersebut). Ada tombol Penugasan Otomatis, ini akan mengeluarkan nama-nama dari bodies itu sendiri dari folder cutlist, nama-nama ini bisa sangat acak dan sangat sedikit artinya bagi kita, jadi mungkin kita akan menamai mereka secara manual.

Save Bodies Property Manager:

savebodies 2

Di properti ¬†manajer kita juga dapat memilih ke “Consume Bodies” yang berarti: Menghapus bodies dari bagian. Consume bodies tidak tercantum dalam Feature Manager design tree under Solid Bodies.

Kita juga dapat memilih untuk Create Assembly “, di sini kita klik Browse untuk memilih nama untuk new Assembly dan lokasi. Create Assembly akan mengambil semua bodies yang disimpan dan menempatkannya ke dalam file Assembly (menggunakan in place mates). Proses ini memberi kita manfaat Assembly dan Assembly BOM dll.

Kita juga dapat menentukan templat bagian yang akan digunakan dan kemudian klik OK (centang Hijau) dan kita selesai.

SolidWorks sekarang akan menyimpan semua bodies ke lokasi yang sama dengan Weldment, jika kita ingin mengganti lokasi, kita dapat mengklik dua kali badan property manager dan menentukan lokasi yang berbeda.

Setelah mengklik OK, kita sekarang akan memiliki file terpisah untuk masing-masing bodies yang sekarang dapat kita masukkan ke dalam drawing file dan detail drawing secara terpisah.

NOTE: bagian dan / atau file Assembly yang baru dibuat akan tetap berhubungan/link ke file weldment tempat mereka dihasilkan, jadi jika kita membuat perubahan pada file bagian utama (welment) maka perubahan ini akan masuk ke file bagian yang direferensikan, jadi jangan dapat membuat perubahan pada bagian yang baru dibuat, membuat perubahan kita ke file weldment asli. Bagian referensi akan diperbarui ketika dibuka.

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.