Interference Detection pada Weldment

Di dalam pembuatan structure ataupun hanya berupa frame sederhana yaitu pada SolidWorks kita gunakan fitur-fitur Weldment, kita bisa dengan mudah membuat part multibody yang bisa kita generate secara otomatis untuk membuat daftar potong (Weldment Cutlist) dari profil-profil atau structural member yang kita gunakan. Namun, sering kali kita dihadapkan pada kondisi dimana kita tidak bisa memastikan structural member atau profil-profil yang kita gunakan tersebut apakah bertabrakan satu terhadap yang lainnya. Yang mana kalau hal ini sampai terjadi, pasti akan sangat bermasalah ketika profil tersebut sudah dipotong dan siap untuk dirakit pada bagian produksi.

Kalau di dalam Assembly kita bisa menggunakan interference
detection, yaitu fitur pada assembly untuk mengecek apakah dari part-part
yang kita assembly masih ada yang bertabrakan dengan part yang lainnya.
Lalu bagaimana dengan part weldment yang kita punya? Apakah bisa dicek
dengan Interference Detetction?

Jawabannya adalah Bisa!! Lalu bagaimana caranya??

Yang pertama yaitu kita perlu memasukkan part weldment yang sudah kita buat ke dalam assembly. Kemudian dari assembly tersebut kita aktifkan Interference Detection. Karena part weldment yang kita punya termasuk dalam multibody part, maka untuk pengecekan interference detectionnya kita pilih pada ceklist “Include multibody part interferences”. Dengan pilihan ini kita bisa melihat tabrakan yang terjadi di dalam part yang terdiri dari multibody solid.

Semoga dengan solidworks tutorial inibisa bermanfaat bagi anda.. selamat mencoba..

-Saiful-

 

Share

One Reply to “Interference Detection pada Weldment”

  1. thanks, mas Saiful( kaya nama artis ganteng ya)
    tutorial nya sangat membantu, apalagi buat saya yg belajarnya tanpa pembibing secara langsung, sangat membantu sekali, matur nuwun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.