Contact Set dalam SolidWorks simulation

Greetings SolidWorks User,

Minggu ini kita akan sedikit mengulik mengenai“Contact Set” dalam SolidWorks Simulation. Contact Set merupakan fitur penting dalam persiapan melakukan analisa untuk menggambarkan interaksi antara satu part dengan bagian part yang lain. Contact Set hanya digunakan pada model assembly dan model part yang memiliki multibody. Pemakaian Contact Set dilakukan pada beberapa analisa seperti analisa static, frequency, buckling, thermal, nonlinear, dynamic dan drop test.

Pertanyaanya, pernahkah saatmelakukan set up model assy yang cukup besar, kita inginmengecek tipe Contact Set yang telah dibuat? Di sisi manasaja yang sudah?Bagian mana yang belum?

Tentu akan cukup banyak bagian yang perlu diperhatikan. Konvensionalnya, bisa kitaperiksa dari folder “Contact Set” pada Simulation Tree Manager yang tersedia di sisi kiri bawah pada user interface. Selain cara tersebut, ada fitur yang dapat membuat proses pengecekan Contact Set ini jadi lebih mudah dan sedehana, yaitu Contact Visualization Plot.

Dengan Contact Visualization Plot, kita bisa melihat semuaContact Set yang telah kita buat dengan menampilkanya berdasarkan penyebaran warna. How? Let’s find it out :

  1. Mengakses Contact Visualization Plot

Setelah membuat contact set pada sisi dan part yang kita inginkan, klik kanan pada folder connection dan pilih Contact Visualization Plot.

solidworks indonesia

2. Pemilihan komponen

Kemudian pilih komponen yang ingin kita periksa. Bisa kita pilih assembly secara keseluruhan ataupun satu sub-assembly yang ada.

solidworks indonesia

3. Calculate

Klik Calculate untuk memerintahkan SolidWorks Simulation menghitung jumlah, lokasi, dan tipe Contact Set yang telah dibuat.

kemudian muncullah tampilan seperti ini….

 

solidworks indo3

akan terlihat list dari seluruh Contact Set yang telah dibuat sebelumnya. Kita bisa mengecek kembali komponen-komponen secarak husus untuk memeriksa lebih detail Contact Set yang telah didefinisikan, sehingga jika ada yang belum terinput bisa kita tambahkan.

SolidWorks Simulation menandai contact set yang ada dengan beberapa rincian warna sebagaiberikut :

 

Contact Type Color
Bonded Merah
No Penetration Ungu
Allow Penetration (Free Contact) Hijau
Shrink Fit Orange
Virtual Wall Kuning
Thermal Contact Resistance Ungu
Insulated Hijau

Ada pilihan “Include solver generated contacts (mesh required)”sebelum kita mulai mengklikcalculate,hal ini memungkinkan kita melihat jenis contact yang telah dibuat berdasar tipe-tipe yang terdeteksi oleh solver. Untuk dapat menggunakan fitur ini, model harus di mesh terlebih dahulu. Perbedaanya? Let’s see…

solidworks indo4

Dengan begini kita bisamengetahui tipe Contact Set dengan definisi lebih detail dan lokasinya. Fitur Contact Visualization Set hanya terdapat padaSolidWorks Simulation Professional dan SolidWorks Simulation Premium.

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.