10 Tips mengatur User Interface untuk meningkatkan performa SolidWorks

Dalam menggunakan SolidWorks sehari-hari untuk proses design dalam perusahaan Anda, pastinya ada kebiasaan yang sering Anda lakukan dalam menggunakan fitur-fitur di SolidWorks. Berikut ini adalah 10 fitur sederhana dengan sedikit set up yang dapat Anda gunakan untuk mempercepat proses design yang Anda lakukan sehari-hari.

1. Tekan tombol “S” pada keyboard

Dalam menggunakan fitur-fitur di SolidWorks, mungkin saat ini Anda masih menggunakan tampilan icon fitur yang ada pada Command Manager, sehingga Anda mesti mengarahkan cursor mouse ke bagian atas. Nah, selain cara tersebut, Anda bisa menggunakan tombol “S” pada keyboard untuk menampilkan fitur SolidWorks sesuai dengan environment SolidWorks yang aktif, yaitu bisa pada Sketch, Part, Assembly, dan juga Drawing.

Selain itu, ketika Anda tekan tombol “S”, Anda juga bisa menggunakan fitur pencarian pada SolidWorks yang berada pada kanan atas, dan Anda bisa ketikkan kata kunci dari fitur yang akan Anda gunakan.

2. SolidWorks Customize

Secara umum ketika awal mula menggunakan SolidWorks dengan User Interface semula, Anda tidak banyak menemukan kendala. Namun dari User Interface awal tersebut, ternyata bisa Anda set up untuk dapat meningkatkan efektifitas proses design Anda, yaitu dengan SolidWorks Customize.

Di dalam fitur Customize, Anda dapat mengatur keyboard shortcut, mouse gestures, tampilan fitur toolbar “S”, dan juga untuk menambahkan toolbar tambahan di sekitar Graphic area.

3. Mouse Gestures

Anda mungkin telah mengalami dan memperhatikan, terkadang ketika Anda tanpa sengaja menggeser sekaligus meng-klik kanan tombol mouse Anda, muncul suatu roda melingkar yang terbagi menjadi 4 atau 8 segment. Hal tersebut adalah yang disebut mouse gestures.

Mouse gestures tersebut akan menyesuaikan tampilan pada area yang sedang Anda buka, yaitu bisa pada area Sketch, Part, Drawing ataupun Assembly. Dan menu apa saja yang bisa ditampilkan bisa Anda atur pada SolidWorks Customize pada point 2 di atas.

4. SolidWorks Recent Document

Ketika Anda akan memulai bekerja dan membuka SolidWorks, kemudian Anda mulai dengan mencari file yang Anda terakhir kali kerjakan, disini Anda bisa menekan tombol “R” pada keyboard untuk menampilkan Recent Document dari file SolidWorks yang terakhir Anda atau rekan Anda buka. Hal ini tentunya bisa menghemat waktu daripada Anda membuka file dengan menu Open file.

Dalam Recent Document ini, Anda bisa menampilkan folder dari file yang Anda pilih, dimana hal ini memungkinkan Anda untuk membuka file yang lain pada folder yang sama dengan lebih cepat. Selain itu Anda bisa gunakan pilihan “pin” untuk tetap menampilkan file SolidWorks yang sering Anda buka setiap saat, sehingga file tersebut akan tetap tersedia di Recent Document meskipun Anda atau rekan Anda membuka banyak sekali file SolidWorks.

5. Instant 3D

Dalam command manager Features, Anda mungkin telah memperhatikan terdapat fitur Instant 3D, yaitu suatu fitur untuk editing part secara langsung pada SolidWorks. Ketika fitur tersebut dalam kondisi aktif, Anda dapat membuat perubahan / editing secara cepat pada part tanpa harus mengedit dari sketch atau fitur pada Design Tree.

Cara penggunaan fitur tersebut yaitu setiap kali Anda pilih geometry dari part, akan muncul panah yang disertai dengan munculnya dimensi, kemudian Anda tinggal menarik panah tersebut ke depan atau ke belakang, ataupun juga bisa dengan menarik akhir dimensi (point) ke arah yang Anda inginkan.

Selain itu, ketika Anda berada dalam area sketch, setelah proses membuat sketch selesai, Anda bisa gunakan cara klik 2x pada Graphic Area untuk keluar dari area sketch. Cara ini akan lebih cepat dibandingkan dengan Anda meng-klik icon Exit Sketch dibagian kanan atas.

6. SolidWorks Shortcut

Ada beberapa SolidWorks Shortcut yang saat ini mungkin belum Anda gunakan, dan mulai saat ini Anda bisa membiasakan menggunakan Shortcut tersebut untuk menghemat waktu proses design Anda.

Tekan “Enter” untuk mengulangi proses penggunaan fitur yang digunakan sebelumnya, tanpa Anda harus memilih icon fitur tersebut.

Tekan “Ctrl + A” (terlihat seperti dalam MS Word) untuk memilih semua secara sekaligus, bisa berupa face / permukaan dari part, atau semua komponen part utama dalam Assembly.

Tekan “G” untuk menampilkan magnifying glass, yaitu semacam kaca pembesar yang dapat membantu untuk memilih bagian yang kecil dari design Anda.

Tekan “spacebar” akan menampilkan Orientation Toolbar, untuk melihat proyeksi atau tampilan view lain dari design Anda.

“Ctrl + Tab” untuk beralih dari windows  document yang sedang Anda buka dari SolidWorks.

“Alt” untuk assembly mate dengan cepat.

7. Customize Menu

 

Mungkin Anda sering menemui saat memilih fitur dari toolbar yang berada di deretan atas, atau pun pada saat Anda klik kanan di Graphic Area, Anda mendapati suatu dropdown menu yang sangat panjang. Hal tersebut dapat Anda kurangi yaitu dengan menampilkan beberapa fitur saja yang tampil, dengan cara memilih Customize Menu yang berada di dropdown paling bawah, kemudian Anda atur dengan ceklist untuk fitur yang akan hanya tampil beberapa saja nantinya

8. Search at System Option

Pengaturan kinerja SolidWorks ataupun set up penggunaan SolidWorks terdapat pada SolidWorks System Option. Dalam System Option tersebut terdapat ratusan set up yang bisa Anda lakukan untuk merubah settingan penggunaan SolidWorks. Nah, untuk versi terbaru SolidWorks, Anda bisa menggunakan alat pencarian yang terletak di kanan atas. Dengan hanya mengetikkan kata kunci untuk settingan yang akan Anda ubah, nanti akan muncul beberapa option yang mungkin akan Anda ganti.

9. Tiling Windows in Displays

Jika Anda membuka lebih dari 1 file SolidWorks, misal beberapa file part dan atau file Assembly, dan Anda sering beralih dari setiap file tersebut, mungkin Anda akan kerepotan setiap pindah dari file satu ke file yang lainnya. Dengan menggunakan 2 monitor mungkin akan menjadi solusi untuk hal tersebut, karena sudah banyak perusahaan yang menerapkan standart 2 monitor untuk aktivitas design.

Dalam pojok kanan atas Graphic Area SolidWorks Anda akan mendapati 2 icon tambahan yaitu yang memungkinkan Anda untuk menempatkan tampilan file SolidWorks yang bisa Anda geser ke monitor di sebelahnya. Dan Anda pun pastinya dapat menjangkau file SolidWorks ke kanan atau ke kiri dengan menggeser mouse Anda.

10. Unit Systems

Terkadang dalam membuat design di SolidWorks Anda perlu untuk mengubah Unit System yang Anda gunakan, misalnya dari mm ke inchi. Dalam SolidWors saat ini, Anda bisa melakukan hal tersebut dengan mudah dan cepat, karena untuk pergantian Unit System berada pada pilihan kanan bawah.

Setelah melihat dari 10 pilihan terbaik User Interface pada SolidWorks di atas, kini saatnya Anda menerapkan dan membiasakan penggunaan User Interface tersebut untuk meningkatkan proses design Anda. Apabila Anda menggunaan cara-cara tersebut di atas dikombinasikan dengan skill modelling yang efektif, pastinya Anda akan bisa menjadi SolidWorks Engineer yang sukses. Selamat Mencoba.

Salam

Tim Technical Support SolidWorks  PT. Arisma Data Setia

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.