Solidwork Assembly Visualization untuk mempercepat kinerja Grafis

Menggunakan Assembly Visualization pada solidwork untuk membantu anda menemukan komponen dalam perakitan yang sangat besar yang berlebihan dan mempengaruhi kinerja grafis,.. pernahkah anda bekerja dalam perakitan yang sangat besar, kinerja grafis bisa saja tidak diperlukan jika model mengandung komponen dengan detail yang berlebihan yang tidak diperlukan dalam model (contohnya seperti fully modelled fasteners, embossed text, grills dan meshes), Seperti beberapa kasus yang terjadi seperti:

  • Pada saat seorang engineer telah menambahkan detail model untuk keperluan lain, misalnya rendering produk dari komponen itu sendiri yang tidak diperlukan untuk perakitan tingkat atas.
  • Mengimport Model dari pemasok atau customer, di mana semua rincian dari komponen ikut juga disertakan. Misalnya, model motor diperoleh dari pemasok mungkin berisi sejumlah besar detail, tetapi hanya representasi yang sederhana saja yang dibutuhkan.

Solidwork Assembly Visualization tool dapat digunakan untuk mempercepat mengidentifikasi komponen yang mengalami dampak yang paling signifikan pada kinerja grafis, sehingga mereka dapat disederhanakan jika sesuai.

contoh :

Model tata letak pabrik ini tampaknya memiliki kinerja grafis yang bisa dikatakan kurang baik, panning, zooming dan rotating tidak halus namun engineer tidak tahu mana komponen yang bertanggung jawab atas kinerja grafis yg kurang baik ini.

Untuk menyelidikinya lebih lanjut, engineer menjalankan Assembly Visualization.
Hal ini jelas bahwa komponen yang disebut ‘MFG – Exitation Thyristor Cubicle’ memiliki jumlah segitiga yang sangat tinggi, dan ada enam kasus komponen ini, yang mempunyai masalah (total 761257 grafis segitiga). Keenam komponen memiliki dampak yang besar pada kinerja grafis keseluruhan dari perakitan tingkat atas.


engineer membuka part MFG – Exitation Thyristor Cubicle.SLDPRT dan menemukan bahwa lubang fine mesh sudah tidak perlu lagi dimodelkan dalam part. Setelah menekan fitur ini perakitan tingkat atas ini memiliki kinerja yang jauh lebih baik, dan ukuran file yang disimpan jauh lebih kecil.


Instruksi

  1. Klik Assembly Visualization (Tools toolbar atau Evaluate tab pada CommandManager) atau Tools > Assembly Visualization.
  2. Pada panel Assembly Visualization, klik tanda panah di sebelah kanan kolom header kemudian More.
  3. Pada kotak dialog Kolom Kustom, untuk Properties, pilih Graphics Segitiga.
  4. Klik OK. Sebuah kolom Graphics Triangels akan muncul di panel Assembly Visualization.
  5. Klik kolom header untuk mengurutkan.

 

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.