Inilah 5 Alasan kenapa Pengguna SOLIDWORKS Simulation Premium Wajib Mempertimbangkan 3DEXPERIENCE Works Structural Simulation.

SOLIDWORKS Simulation Premium merupakan solusi terbaik yang terintegrasi dengan SOLIDWORKS CAD. Sekarang 3DEXPERIENCE Platform tersedia untuk Pengguna SOLIDWRORKS dengan sejumlah teknologi simulasi tercanggih dari 3dx SIMULIA. Kenapa kita harus mempertimbangkan 3DEXPEREIENCE Works Structural Simulation? Berikut ini 5 alasanya:

  1. Menyelesaikan masalah kompleks nonlinier dari structural simulation lebih cepat dan terpecaya dengan memanfaatkan teknologi SIMULIA Abaqus pada desain yang dibuat SOLIDWORKS.

    Menyelesaikan masalah statik dan dinamik menggunakan Teknologi Abaqus yang sudah dikenal oleh ekpertise dunia. Menjalankan low-speed dan highly nonlinier events selama proses desain: sliding contact berkombinasi dengan large deformation dan large strain, nonlinier material dan sekuens loading. Sebagai contoh penerapanya pada rubber gasket menggunakan Abaqus Implicit Solver yang cocok digunakan untuk medium speed, nonlinier material, kontak dengan friksi, large deformation.

Abaqus memiliki tools yang membantu dalam proses pembuatan meshing dengan menggunakan Advanced Meshing Tools untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat. Dengan menggunakan 3DEXPERIENCE Works Structural Simulation, kita dapakan performa yang terbaik untuk mengakses berbagai macam tipe geometri dan pengaturan scenario yang kompleks. Selain memiliki Abaqus Implicit Solver, Abaqus juga memiliki Abaqus Explicit Solver yang lebih powerful dalam hal meng-analisis kasus yang lebih kompleks seperti high-speed dynamic event (kurang dari 1 detik) yang melibatkan kompleks kontak, nonlinier material dan rapid impact. Sebagai contoh untuk kasus implicit yaitu crash analysis dan drop test.

  1. Melakukan simulasi analisis kelelahan (advanced durability simulation) yang didukung teknologi 3dx SIMULIA fe-safe untuk menjamin umur produk dapat bertahan lama (long life).

    Ketika melakukan simulasi untuk memperbaiki kualitas produk tidak terpaku pada uji kekuatan, kekakuan atau optimasi itu sendiri. Simulasi bertujuan untuk memperbaiki umur pakai dari produk (seberapa lama produk digunakan sebelum rusak, berdasarkan beban berulang). Metode Durabilitas stress dan strain diperlukan untuk memvalidasi low dan high cycle events. Multi-axial loading menjadi kunci untuk mendapatkan realistic simulation dan hasil yang akurat.

3. Menjalankan simulasi menggunakan material model yang lebih kompleks untuk nonlinier material dan kalibrasi data test untuk lebih realistis dan akurat.

Pustaka material 3DEXPERIENCE Works Structural Simulation hadir dengan sejumlah kustomisasi material yang lebih luas, termasuk material hiper elastis, plastisitas logam, crushable foam, nitinol, beton, damage properties dan masih banyak lagi.
Kalibasi material yang ada dipasaran terlalu sulit digunakan atau terlalu banyak batasan. 3DEXPERIENCE Works Structural Simulation menyediakan aplikasi yang disebut Material Calibration yang mudah dan powerful untuk digunakan untuk melakukan ekstraksi dari test data seperti contoh dibawah ini unuk material hyper-elastic.

4. Mempercepat simulasi yang kompleks, besar serta menyediakan akses untuk melakukan komputasi melalui cloud untuk memperluas kemampuan komputasi menggunakan High Performance Computers.

Dengan kompleksitas dan besarnya simulasi dengan menggunakan SOLIDWORKS Simulation Premium membutuhkan waktu berjam-jam pada computer local. Ini menjadi masalah dimana kita tidak bisa melakukan pekerjaan lain ketika simulasi berjalan. Dengan menggunakan Cloud Computing yang ada pada 3DEXPERIENCE Works Platform, semua simulasi dengan berbagai macam jenis physicsnya dapat dijalankan pada Local Computer maupun Cloud. Perbedaan yang mencolok juga terdapat pada percepatan menggunakan 3dx SIMULIA Solver seperti pada Abaqus Solver dapat mengurangi waktu komputasi secara drastis khususnya untuk kasus simulasi nonlinier dibandingkan dengan menggunakan SOLIDWORKS Simulation Premium.

5. Share, review serta komparasi hasil simulasi melalui web browser untuk mengoptimalkan kolaborasi dan membuat keputusan berbasis data jauh lebih cepat.

Menduplikasi data, membuat screen captures dan mengirim laporan yang panjang melalui email berpotensi terjadinya error serta komunikasi yang kurang efektif diantara tim. Untuk memperbaiki penelusuran data dan kolaborasi antara tim teknikal maupun non teknikal, 3DEXPERIENCE menawarkan kemampuan untuk pencarian data engineering, mencari relasi dan membuat dashboard untuk bisnis maupun keperluan teknis.
Lightwieght simulation results dapat dilihat dengan mudah oleh semua orang yang terlibat ke dalam projek dari device manapun yang terhubung. Intuitif aplikasi trade-off study, tersedia pada web dashboard, membuat komparasi perbedaan, alternatif desain sangat mudah. Dari satu tabel, setiap member tim dapat melakukan komparasi perbedaan alternatif desain dan membagi komentar serta ide yang akan mempercepat pengambilan keputusan dari desain yang dibuat.

source image : platform 3dexperience solidworks

Share

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks

   
Instagram @solidworks.info