CAE adalah singkatan dari “Computer-Aided Engineering” atau “Engineering Analysis”. CAE adalah suatu teknologi komputer yang digunakan untuk melakukan analisa, simulasi, dan verifikasi produk atau sistem teknik sebelum dibuat prototype dan produk jadi. CAE digunakan untuk menguji kinerja, keandalan, dan daya tahan suatu produk atau sistem teknik sebelum di produksi, sehingga dapat meminimalkan biaya dan risiko kesalahan dalam pengembangan produk.

Analisa CAE melibatkan berbagai jenis atau tipe, seperti analisis gaya, analisa kelelahan atau fatigue, analisis dinamik, dan analisis fluida dinamis (CFD). Perangkat lunak CAE dapat mengimpor model 3D dari perangkat lunak CAD (Computer-Aided Design) dan menggunakannya untuk melakukan analisa dan simulasi.

Salah satu tipe analisa pada CAE yaitu untuk menganalisa material Linear dan Non-Linear. Perbedaan antara material linear dan non-linear terletak pada karakteristik hubungan antara tegangan (stress) dan regangan (strain) saat material tersebut diberi beban.

Material linear adalah material yang memiliki hubungan linear antara tegangan dan regangan. Ini berarti bahwa regangan yang dihasilkan oleh material akan selalu sebanding dengan tegangan yang diberikan. Sebagai contoh, jika material tersebut diberi tegangan sebesar 100 N/m², maka regangan yang dihasilkan akan selalu 2 kali lipat dari regangan yang dihasilkan oleh tegangan sebesar 50 N/m². Karakteristik ini biasanya ditemukan pada material seperti baja, beton, dan aluminium.

Sementara itu, material non-linear adalah material yang memiliki hubungan tidak linear antara tegangan dan regangan. Regangan yang dihasilkan oleh material non-linear mungkin tidak sebanding dengan tegangan yang diberikan. Sebagai contoh, pada material non-linear, regangan yang dihasilkan bisa meningkat secara eksponensial saat tegangan diberikan dalam jumlah tertentu. Material non-linear umumnya digunakan dalam aplikasi di mana material harus mampu menahan beban yang sangat berat, seperti pada logam berat atau bahan komposit.

Perbedaan antara material linear dan non-linear juga dapat dilihat dari grafik tegangan-regangan yang dihasilkan. Pada material linear, grafik tegangan-regangan akan selalu berupa garis lurus, sementara pada material non-linear, grafik tersebut bisa berupa kurva atau bahkan bisa memiliki beberapa titik di mana tegangan tidak meningkat dengan meningkatnya regangan.

Lalu seperti apa contoh analisa CAE pada material Non Linear?

Contohnya bisa Anda lihat pada video berikut ini ( 3DEXPERIENCE® Non Linear )

Pada video webinar CAE tersebut, ditunjukkan analisa pada material Non Linear dengan menggunakan Abaqus pada platform 3DEXPERIENCE.

Kami, PT Arisma Data Setia selaku reseller pertama SOLIDWORKS di Indonesia, menyediakan SOLIDWORKS versi terbaru yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulai dari SOLIDWORKS Desktop, Cloud dan berbagai tipe lisensi yang fleksibel untuk membantu berjalannya project di perusahaan Anda. Selain itu kami juga menyediakan Training SOLIDWORKS yang bisa membantu Anda untuk upgrade skill dan mendapatkan sertifikasi SOLIDWORKS secara Internasional.

Untuk harga terbaik SOLIDWORKS 2023 dan Role 3DExperience yang sesuai
dengan kebutuhan Anda, silakan hubungi tim kami di email ke info.solidworks@arismadata.com
atau chat WA ke 0813 5000 4156 https://wa.me/message/BGM2OOKP3Z3KG1 .

Share

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks