Apakah rekan-rekan sudah mengetahui yang disebut Dimension Box pada SOLIDWORKS itu apa? Kebanyakan user SOLIDWORKS tidak sadar akan suatu Dimension Box pada ini adalah sesuatu yang selalu dan sering dijumpai dalam penggunaan SOLIDWORKS. Ya, Dimension Box adalah Suatu Kotak yang muncul Ketika kita melakukan pemberian Dimensi / merubah Dimensi pada proses Sketching.

Dimension Box memiliki beberapa Fungsi yang dapat kita gunakan untuk membantu kita. Seperti Merubah Nama pada tiap Dimensi yang kita buat, Merubah ukuran dengan langsung mengetik angka-nya atau melakukan klik pada tombol up-down increment atau juga merubah berdasarkan Ruler dibagian bawah dimension box tersebut. Lalu, kita dapat mengetik langsung angka dimensi dengan Perhitungan seperti +,-,: seperti di calculator, dan merubah satuan langsung dengan mengetik jenis satuannya seperti cm, in, mm.

Kita dapat merubah nilai + atau – dari dimensi yang kita input dengan Reverse Direction, mengisi angka dimensi dengan Equation / Global Dimension yang sudah disetting, serta menggunakan Mark For Drawing supaya dimensi tersebut otomatis akan muncul saat kita masuk kedalam proses Drawing.

Untuk lebih detail mengenai Dimension Box, silahkan simak pada Video ini :

jasa gambar , drafter, gambar teknik 2d dan 3d profesional

Share

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks