MENAMPILKAN PANJANG GARIS RADIUS DAN TOTAL PANJANG GARIS SKETCH

Dalam melakukan pembuatan Sketch pada SOLIDWORKS terkadang kita merasa penasaran pada Panjang aktual dari sebuah garis melengkung / radius line pada SOLIDWORKS karena biasanya yang muncul hanyalah ukuran besaran Radius nya. Lalu dalam membuat sketsa Garis yang panjang misalkan kita membuat sketch Profile sebuah Rantai, dan kita penasaran berapakah Panjang total dari garis tersebut. Biasanya para user SOLIDWORKS akan menggunakan fitur Measure untuk melihat Panjang dari garis-garis seperti yang disebutkan tadi. Tapi ada cara yang lebih cepat dibanding menggunakan fitur Measure. Bagaimana caranya? Simak Artikel Berikut ini.

Untuk menampilkan Panjang sebuah Radius Line di Sketsa, rekan-rekan tinggal menggunakan Fitur Smart Dimension, lalu melakukan pemilihan pada titik / point dari ujung-ujung garis Radius tersebut, biasanya akan muncul ukuran dimensi Linear karena kita memilih 2 buah point. Nah, langsung saja rekan-rekan memilih garis radius nya sesaat setelah dimensi Linear nya muncul. Maka, akan langsung muncul untuk ukuran Panjang sesuai dengan lekukan radius garis tersebut.

 Lalu, untuk melihat total Panjang dari garis di gambar Sketsa, rekan-rekan bisa menggunakan fitur “Path length Dimension” yang dapat dipilih dari opsi fitur Smart Dimension. Tinggal pilih garis Path nya dan Klik “OK” maka akan muncul Dimensi Total dari Garis Path tersebut, dan langsung bisa diedit juga untuk merubah total Panjang nya.

Simak pada Video Berikut untuk gambaran lebih Jelasnya :

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.