Tutorial solidworks singkat kali ini akan membahas mengenai fungsi option “Enable on screen numeric input on entity creation ”. Lihatlah gambar center rectangle dibawah ini. Berapa kali anda klik mouse anda untuk melakukan pembuatan sketch seperti pada gambar dibawah jika menggunakan feature Smart Dimension?

Jawabannya adalah 8x klik mouse yang akan anda lakukan. Bagaimana jika pada Option “Enable on screen numeric input on entity creation ” kita aktifkan? Jawabannya hanya 2x klik mouse saja. Anda akan menghemat waktu pendesainan 75% dalam pembuatan sketch diatas. Untuk mengaktifkan option “Enable on screen numeric input on entity creation ” ikuti langkah dibawah ini

  1. Klik kiri Option pada SolidWorks

2. Pilih tab System Options lalu pilih Sketch

  1. Checklist Enable on screen numeric input on entity creation
  2. Checklist Create dimension only when value is entered
  1. Klik OK
  2. Klik Center rectangle dan klik untuk meletakkan center rectangle. Maka ketika kursor ditarik akan keluar inputan dimensi untuk panjang vertical seperti pada gambar dibawah. Pastikan saat memasukkan dimensi mouse tidak tergeser. Ketika dimensi panjang vertical sudah dimasukkan tekan enter dan otomatis akan langsung untuk memasukkan panjang horizontal.

Demikian tutorial solidworks singkat kali ini, semoga membantu dan bermanfaat, jika anda mengalami masalah mengenai solidworks silahkan konsultasikan dengan kami PT Arisma Data Setia reseller solidworks di indonesia.

Share

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks