Greetings SolidWorks User! Kali ini saya akan memberikan sedikit tips cara mempersingkat pembuatan connector pada SolidWorks Simulation…Let’s Check It Out!

Mempersingkat Pembuatan Connector dengan Fasilitas Library,  Fasilitas library memiliki peran yang cukup signifikan untuk membuat proses design lebih efisien. Karena kita bisa menyimpan fitur dan komponen standard dan tidak perlu mengulangi pembuatanya saat kita ingin menggunakanya. Pengaturan pembuatan bolt connector untuk simulasi pun bisa kita simpan dalam design library. Pertama, kita coba buat pengaturan connector seperti biasa :

Pembuatan Connector1

Setelah selesai membuat satu pengaturan “connector”, kita bisa klik kanan pada “Connector” dalam“simulation tree”kemudian pilih “Add to Library”.

Pembuatan Connector2

Lalu kotak dialog akan muncul untuk memberi nama “connector” yang akan kita simpan dan lokasi penyimpanan fitur tersebut pada design library.

Pembuatan Connector3

Setelah selesai, fasilitas “connector” yang kita simpan bisa kita gunakan pada simulation study yang lain. Yang perlu kita lakukan hanyalah mencari dan men“drag” connector tersebut kegraphic area. Ini akan mengaktifkan “Bolt Connector” dan akan memunculkan informasi yang sudah dibuat di awal pada kolom definisi dari connector. Kita hanya perlu memilih bagian (edge) dimana “bolt connector” ingin kita berikan.

Pembuatan Connecto4

Menghindari pembuatan pengaturan yang berulang-ulang, fasilitas design library tentu akan sangat membantu. Tapi seberapa besar impact waktu antara cara manual dan otomatis dengan memanfaatkan design library?

PerbandinganPembuatan Bolt Connector dengan 10 Lubang :

Pembuatan Connector5

Berdasarkan perbandingan diatas, penggunaan fasilitas library juga akan sangat bermanfaat untuk mempersingkat waktu persiapan simulasi. Fasilitas library ini juga bisa digunakan untuk external load, atau fixture.

 

Share

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks