SolidWorks Simulation – Mempersiapkan model untuk analisa pembebanan

SolidWorks Simulation – Dalam membuat suatu product, entah dalam bentuk consumer product ataupun product berupa alat untuk membantu dalam proses produksi, kita pasti perlu untuk menganalisa kekuatan dari product kita tersebut. Hal pertama yang kita lakukan yaitu proses 3D desainnya terlebih dahulu, baru kemudian kita lakukan design validation, yaitu kita analisa kekuatannya. Ketika masih dalam proses desain, product sudah kita buat detail atau dalam bentuk mendekati sempurna, namun untuk kebutuhan analisa pembebanan, kita juga dituntut untuk proses analisa yang cepat, supaya product kita bisa segera turun ke workshop atau produksi.

Berikut ini adalah beberapa persiapkan yang kita bisa lakukan untuk mendapatkan proses analisa yang cepat :

1. Simplify Assemblies Model

solidworks simulation

Menyederhanakan model ini sangat penting, karena apabila semakin banyak detail dalam product kita, proses analisa akan semakin lama. Kita bisa pilih beberapa fitur / parts yang benar-benar penting atau memberi dampak signifikan dalam proses analisa, sehingga fitur / parts yang lain bisa kita sederhanakan.
Kita bisa juga membuat suatu konfigurasi, yaitu konfigurasi untuk analisa pembebanan dan konfigurasi product detailnya.

2. Interference Detection

Interference Detection

Hal yang perlu diperhatikan berikutnya yaitu kita harus cek tabrakan antar komponen / parts yang mungkin ada dalam assembly product yang kita buat. Selain itu kita juga perlu untuk kondisi parts yang saling besentuhan satu dengan yang lainnya (Touching Face). Untuk mengeceknya kita bisa gunakan fitur Interference Detection, karena apabila masih ada tabrakan antar komponen, assembly tidak bisa kita proses untuk analisa pembebanan.
Untuk mengatasi apabila assembly masih terdapat tabrakan / interference, kita bisa editing / modifikasi parts tersebut, atau bisa gunakan fitur cavity yang ada pada solidworks untuk membuat potongan antar parts yang bertabrakan tersebut.

3. Symmetry

Symmetry, solidworks simulation

Kita bisa gunakan fitur simetri untuk membuat model / product menjadi sangat sederhana dalam proses analisa, yaitu dengan membagi model menjadi 2 atau sebagian kecil dari parts / model utuhnya.

4. Optimizations

Optimizations - simulation

Optimasi adalah fitur yang sangat membantu dalam SolidWorks Simulation, yaitu kita bisa mendapatkan ukuran atau model product yang sesuai, dengan batasan beban yang masih sesuai dengan yang kita kehendaki, dan tentunya dengan penggunaan material yang paling kecil atau paling ringan.

5. Mid-Surface

Mid-Surface in solidworks

Apabila model / product yang kita analisa adalah berupa sheet metal parts atau komponen yang cukup tipis, kita bisa menggunakan jenis analisa Shell elements atau Shell Mesh, yaitu model / product hanya dalam bentuk surface / lembaran yang kita berikan ketebalan dalam Shell Manager.

Setelah melakukan beberapa persiapan di atas, berikut adalah ceklist yang bisa kita gunakan untuk proses analisa pembebanan dengan SolidWorks Static Simulation :

assembly

Proses tersebut adalah proses secara umum dalam SolidWorks Static Simulation, untuk proses analisa yang lain bisa bervariasi lagi.

Demikian beberapa tips mengenai analisa pembebanan di SolidWorks Simulation, yang mana kita bisa melakukan proses analisa dari model atau product kita terlebih dahulu, sebelum kita buat prototype dari product tersebut, sehingga kita bisa lebih hemat biaya dan waktu.

Warm Regards,
Team Technical Support SolidWorks Arismadata.
Reseller SolidWorks Indonesia Since 1996

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.