Setelah kita membuat parts atau komponen-komponen untuk membentuk suatu mesin, dies, jig, tooling, ataupun yang lainnya, kita bisa merakit parts atau komponen-komponen tersebut menjadi suatu assembly atau gambar rakitan. Dimana suatu assembly bisa terdiri dari puluhan atau bahkan sampai ribuan parts. Dalam menyatukan parts tersebut, kita menggunakan fitur yaitu Mates, dimana fitur mates ini setiap tahunnya terus di improve oleh SolidWorks untuk mendapatkan proses assembly yang semakin praktis dan cepat.

Berikut ini adalah beberapa proses mates yang bisa kita pakai untuk mempercepat proses assembly :

1. Tekan CTRL pada keyboard

Klik face 1, tekan CTRL, kemudian klik face 2. Perhatikan pergerakan mouse, kemudian pilih standart mates yang tersedia dalam Flyout Icon.

2. SmartMates

Aktifkan SmartMates, kemudian double klik face pertama, kemudian pilih face / edge yang dituju.

3. Tekan ALT pada keyboard

Tekan ALT (tahan) kemudian drag and drop face / edge part ke face / edge part yang dituju.

4. Lock Rotation

Untuk parts dengan mates concentric, bisa sekaligus dipilih Lock Rotation, supaya parts tersebut tidak berputar.

5. Slot Mates

Untuk parts dengan pertemuan berupa slot, kita bisa menggunakan Slot Mates, dengan memilih face silindris dan face lurus dari slot tersebut.

6. Angle Mate dengan reference

Untuk mate parts yang ada batasan sudutnya, bisa menggunakan Angle Mate atau Limit Angle Mate, dimana sekarang dilengkapi dengan reference, yaitu semacam kuadran untuk pemilihan arah mate’nya, sehingga kita dimudahkan dalam menentukan arah dari Angle Mate.

7. Profil Centre Mate

Merupakan fitur terbaru dari SolidWorks 2015, dimana kita dimudahkan untuk memposisikan parts langsung pas di tengah-tengah.

8. Width Mate

Untuk parts posisinya berada di tengah-tengah face parts yang lain, kita bisa menggunakan width mate, dimana sudah di improve untuk constraints / batasan dari pergerakan parts tersebut

Demikian beberapa tips dalam menggunakan fitur mates di Assembly, yang mana setiap versi SolidWorks terus di improve untuk menghasilkan proses design yang semakin efektif dan cepat, sehingga membuat aktivitas Anda akan semakin produktif.

 

Warm Regards,

Team Technical Support SolidWorks Arismadata
(reseller solidworks)

Share

Categories:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks