Hai Smart Engineer,

Dalam membuat suatu part yang akan dikerjakan dengan proses machining, kita perlu menentukan ukuran terluar dari part tersebut. Atau dengan kata lain, kita perlu menentukan besarnya material awal yang akan di proses. Besarnya material awal ini mencakup Panjang X Lebar X Tinggi. Karena dengan mendapatkan ukuran tersebut, kita bisa menyiapkan material untuk proses machining dengan ukuran yang sesuai, tidak terlalu besar yang akan mengakibatkan harga tinggi dan tentunya proses machining yang lama. Serta tidak terlalu kecil atau bahkan ukuran yang minus, yang akan mengakibatkan part yang dihasilkan akan tidak sesuai dengan design, karena ada bagian yang minus atau ukurannya kurang.

Untuk menentukan ukuran terluar dari part yang memiliki bentuk mirip kubus atau persegi panjang, pada SOLIDWORKS Anda bisa menggunakan fitur Bounding Box. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan ukuran terluar dari bentukan part yang akan Anda proses machining. Apabila diperlukan tambahan material, biasanya ditambahkan sekitar 5 mm pada masing-masing sisi.

Lalu bagaimana apabila part berbentuk silindris?

Part berbentuk silindris yang akan di proses machining dengan mesin bubut / lathe, kini juga bisa kita tampilkan ukuran terluarnya. Pada SOLIDWORKS 2024 kini fitur Bounding Box sudah dilengkapi dengan rectangular dan cylindrical. Untuk part yang berbentuk silindris, Anda bisa memilih Bounding Box Cylindrical. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan ukuran diameter terluar dan juga panjang material yang dibutuhkan.

Kami, PT Arisma Data Setia selaku reseller pertama SOLIDWORKS di Indonesia, menyediakan SOLIDWORKS 2024 yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulai dari SOLIDWORKS Desktop, Cloud dan berbagai tipe lisensi yang fleksibel untuk membantu berjalannya project di perusahaan Anda. Selain itu kami juga menyediakan Training SOLIDWORKS yang bisa membantu Anda untuk upgrade skill dan mendapatkan sertifikasi SOLIDWORKS secara Internasional.

Untuk harga terbaik SOLIDWORKS 2024 dan Role 3DExperience yang sesuai dengan kebutuhan Anda, silakan hubungi tim kami di email ke info.solidworks@arismadata.com    atau chat WA ke 0813 5000 4156 https://wa.me/message/BGM2OOKP3Z3KG1  

Share

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks