System Requirements SOLIDWORKS 2020

Berikut ini adalah detail mengenai rekomendasi hardware dan sistem untuk SOLIDWORKS 2020. Secara keseluruhan sistem baik hardware harus dirancang agar sesuai dengan software yang akan dioperasikan pada hardware tersebut. Kinerja optimal dari suatu software berpengaruh dari hardware dan sistem operasi yang digunakan pada media operasinya. Berikut rekomendasi system requirements untuk SOLIDWORKS 3D CAD:

Bagaimana dengan Minimum Requirements SOLIDWORKS?
Minimum system requirements bisa diakses dari link berikut: link.arismadata.com/SWRequirements


Sistem Operasi
SOLIDWORKS saat ini mendukung sistem operasi Windows® 10 Pro 64 bit dan Windows® 7 Sp1 64 bit. Namun untuk Windows® 7 hanya akan support sampai dengan versi SOLIDWORKS 2020 Service Pack 5. Untuk itu kami lebih merekomendasikan Windows® 10 Pro 64 bit.


Processor
Processor bekerja sebagai jembatan penghubung dan eksekutor dari berbagai perangkat seperti storage device, RAM, graphic card, piranti output ataupun input. Terutama untuk proses 3D design mengharuskan processor mampu mengolah data secara cepat. SOLIDWORKS merekomendasikan processor dengan kecepatan proses 3.3GHz atau lebih tinggi.


Storage yang Direkomendasikan
Kami merekomendasikan tipe SSD dikarenakan SSD memiliki kinerja 3 – 5 kali lebih cepat
dibandingkan dengan HDD. Harga yang cukup mahal jika dibandingkan dengan HDD, maka dari itu kami merekomendasikan SSD 240GB untuk sistem operasi dan software dipadukan dengan 500GB atau 1TB HDD untuk penyimpanan data pekerjaan.


Bagaimana dengan network drive/share folder?
Untuk kinerja optimal baik segi performance ataupun stabilitas software, kami
merekomendasikan local drive sebagai penyimpanan saat Anda bekerja. Namun jika perusahaan

Anda memaksa untuk menyimpan semua file kerja di dalam network drive, Anda bisa melakukan copy/duplicate project pada local drive Anda selanjutnya bisa Anda upload kembali ke network drive jika pekerjaan telah selesai. SOLIDWORKS PDM Professional menangani kendala tersebut secara baik. Sistem pada SOLIDWORKS PDM akan secara otomatis membuat local cache dan akan menyimpan secara synchronized dengan vault pada network system PDM. Sehingga Anda tidak perlu lagi khawatir dengan bekerja secara networked.

Graphic Card
Terdapat beberapa fitur pada SOLIDWORKS yang memerlukan graphic card dengan tipe
workstation. Seperti halnya RealView Graphic bisa digunakan jika Graphic Card officially
supported dan bertipe workstation. Performa grafik SOLIDWORKS seperti pan, move, and zoom akan sangat berpengaruh dari pemilihan graphic card. NVidia memiliki Quadro Series, dan AMD memiliki Radeon Pro Workstation series sebagai pilihan.

Kapasitas RAM

RAM berfungsi seperti “berapa program yang dapat saya jalankan dalam waktu yang
bermsamaan?”. Rekomendasi kapasitas RAM tergantung dari penggunaan SOLIDWORKS Anda. Seperti contohnya, jika Anda hanya menggunakan SOLIDWORKS sebagai basic mechanical design dengan komponen assembly kurang dari 500 komponen, kami merekomendasikan 16 GB RAM (tanpa komponen dengan surface yang kompleks). Jika Anda membuat desain dengan >1000 komponen dalam 1 assembly, kami merekomendasikan 24GB RAM atau 32GB RAM agar ruang kerja lebih lapang untuk multitasking.

Virtual Environment
Terdapat beberapa virtual environment yang didukung oleh SOLIDWORKS. Akes link di
SOLIDWORKS Virtual Environment Support untuk lebih jelasnya.
Bagaimana dengan Windows® Home Editions?
SOLIDWORKS tidak dapat digunakan pada Windows® Home Editions. Mungkin Anda bisa
menggunakan Windows® Home Editions untuk penggunaan SOLIDWORKS, namun
SOLIDWORKS tidak menjamin bahwa program dapat berjalan dengan baik di operating system Anda.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.