Role dan Kapabilitas Structural Professional Engineer (SPE)

Structural Professional Engineer merupakan sebuah platform dari 3DExperience yang
diutamakan berbasis cloud dimana untuk kebutuhan analisis simulasi dapat menggunakan resource
yang terhubung dengan server tanpa harus menguras resource yang ada pada pc atau laptop pribadi. Dengan berbasis cloud kita dapat bertukar informasi baik data hasil simulasi ke tim marketing atau ke tim desain untuk memberikan keterangan serta feedback dari masing-masing departemen. Seperti pada gambar berikut dimana user memiliki tiga peran (role) yaitu Business Innovation, Industry Innovation dan Structural Analysisi Engineer. Setiap role memiliki aplikasi tersendiri yang bisa digunakan sesuai jobdesk dari user terkait. Sebagai contoh Structural Analysis Engineer memiliki aplikasi yang dapat digunakan untuk analisis stuktural seperti Structural Model, Structural Scenario, Material Definition.

Structural Professional Engineer mempunya tiga tipe analisis diantaranya Structural, Thermal
dan Thermal-Stress. Untuk kebutuhan analisis struktur yang tidak melibatkan perpindahan panas bisa menggunakan tipe Structural, khusus untuk analisis termal dapat menggunakan tipe Thermal ataupungabungan dari keduanya yaitu Thermal-Structural.

Workflow Structural Professional Engineer

Structural Professional Engineer berbeda dengan SolidWorks, pada SPE tidak dapat membuat atau mengubah ukuran suatu produk atau objek. SPE hanya dapat melakukan analisis bedasarkan CAD yang diimport dari SolidWorks atau netral file yang lain seperti STEP, Parasolid. SPE memiliki fitur unggulan dimana CAD yang dibuat pada SolidWorks dapat diubah yang langsung terupdate dengan menggunakan SOLIDWORKS Update. Adapun workflow SPE dari SolidWorks dapat dilihat seperti gambar berikut, CAD yang disimulasikan dengan menggunakan analisis nonlinier SolidWorks Simulation berhenti pada 60% pembebanan, kemudian semua kondisi batas ditransfer ke dalam SPE dengan menggunakan 3DExperience Simulation Connector. Selanjutnya kondisi batas SolidWorks akan diterjemahkan menjadi kondisi batas SPE dan dilakukan running sampai konvergensi 100%. Sebagai optional desain dapat diubah pada SolidWorks dan diupdate menggunakan SOLIDWORKS Update dan Re-Run Simulation kembali.

New Integrated Simulation Workflow

Share

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks