Menggunakan perangkat lunak analisa atau software CAE (Computer-Aided Engineering) sangat penting dalam pengembangan produk alat kesehatan. CAE adalah metode yang memanfaatkan komputer untuk melakukan analisa atau simulasi terhadap desain produk sebelum produk tersebut dibuat prototype secara fisik. Dalam konteks alat kesehatan, ada beberapa alasan mengapa penggunaan software analisa CAE sangat penting:

  1. Keamanan dan Kinerja

Alat kesehatan harus memenuhi standar keamanan dan kinerja yang sangat tinggi. Dengan menggunakan software CAE, Anda dapat melakukan simulasi terhadap interaksi produk dengan jaringan tubuh manusia atau lingkungan sekitarnya. Ini membantu memastikan bahwa produk tersebut tidak menyebabkan efek samping yang merugikan dan bekerja dengan baik sesuai dengan tujuan medisnya.

  1. Optimalisasi Desain

Dengan software CAE memungkinkan Anda untuk mencoba berbagai variasi desain produk dengan cepat dan efisien. Anda dapat mengidentifikasi desain yang paling efektif dan efisien dalam hal fungsionalitas dan biaya produksi tanpa harus membuat prototipe fisik terlebih dahulu untuk setiap iterasi.

  1. Percepatan Pengembangan

Dengan mengandalkan simulasi CAE, Anda dapat mengurangi waktu yang diperlukan untuk mengembangkan produk. Ini membantu Anda membawa produk ke pasar lebih cepat, yang dapat memiliki dampak positif pada penerimaan dan adopsi produk oleh profesional medis dan pasien.

  1. Biaya Rendah

Mengembangkan alat kesehatan fisik untuk diuji dan dievaluasi dalam lingkungan nyata tentunya akan menghabiskan biaya yang sangat mahal. Dengan bantuan software CAE memungkinkan pengujian virtual yang lebih murah dan efisien serta dapat  menghemat biaya produksi.

  1. Optimalisasi Material

Bahan yang digunakan dalam alat kesehatan harus sesuai dengan standar medis dan harus aman untuk digunakan pada tubuh manusia. Dengan bantuan software CAE, Anda dapat menganalisis berbagai bahan dan memprediksi bagaimana bahan tersebut akan berinteraksi dengan tubuh atau lingkungan sekitarnya dalam jangka waktu lama.

Dan salah satu produsen alat kesehatan yang sudah sukses menerapkan software CAE dalam pengembangan produknya yaitu GE Healthcare. GE Healthcare’s Anesthesia and Respiratory Care Group telah menggunakan software CAE yaitu SOLIDWORKS Flow Simulation dan Structural Performance Engineer  yang berbasis cloud pada platform 3DEXperience. Dengan dukungan 2 software CAE tersebut, mereka berhasil mengembangkan banyak produk alat kesehatan dengan waktu yang lebih singkat.

Anda bisa lihat bagaimana penggunaan SOLIDWORKS Flow Simulation dan Structural Performance Engineer di GE Healthcare pada video webinar berikut ini ( SOLIDWORKS  GE Healthcare )

Kami, PT Arisma Data Setia selaku reseller pertama SOLIDWORKS di Indonesia, menyediakan SOLIDWORKS versi terbaru yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Mulai dari SOLIDWORKS Desktop, Cloud dan berbagai tipe lisensi yang fleksibel untuk membantu berjalannya project di perusahaan Anda. Selain itu kami juga menyediakan Training SOLIDWORKS yang bisa membantu Anda untuk upgrade skill dan mendapatkan sertifikasi SOLIDWORKS secara Internasional.

Untuk harga terbaik SOLIDWORKS 2023 dan Role 3DExperience yang sesuai dengan kebutuhan Anda, silakan hubungi tim kami di email ke info.solidworks@arismadata.com    atau chat WA ke 0813 5000 4156 https://wa.me/message/BGM2OOKP3Z3KG1  .

Share

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

PT ARISMA DATA SETIA


PT. Arisma Data Setia is a computer system integrator company specializes itself in 3D CAD solution and computer network infrastructure .
Trusted to be the SolidWorks Authorized Reseller since 1996.

Jakarta : 0812-9092-7445
Cikarang : 0812-9092-7445
Surabaya : (031) 807 4179

E: info.solidworks@arismadata.com
W: http://arismadata.com/solidworks