SolidWorks Simulation – Mencari material yang paling optimal secara otomatis

Sedikit tips cara membuat Parameter “Material” pada SolidWorks Simulation…. OK langsungsaja!!!!
Mencari penggunaan material yang paling optimal secara otomatis dengan SolidWorks Simulation
Langkah pertama adalah melakuk ananalisa pada model yang telah kita buat. Hal ini dilakukan untuk memvalidasi kekuatan dari model.

solidworks-simulation

Kemudian buat design study dari model. Setelah itu buka pulldown variable dan klik “add parameter…”,dan kotak “Parameters” yang seperti dibawah akan keluar. Buat nama untuk parameter yang akan dibuat dan pilih “Material” pada kolom “Category”.

solidworks-simulation2

Langkah selanjutnya adalah memilih part/bodies yang ingin divariasikan materialnya. Pemilihan part ini akan berpengaruh pada variasi material yang akan digunakan dalam analisa. Part yang dipilihakan menjadi variable dalam design study yang dibuat.

solidworks-simulation3

Setelah memilih part pada kotak “Parameters” klik “Apply” lalu “Ok”.Kemudian tentukan “Constraints” untuk “design study”.Constraint yang di input bisa berasal dari analisa yang telah dibuat seperti “Statis Study” dan “Frequency Study”. Solidworks akan menggunakan hasil dari analisa yang telah dilakukan sebelumnya untuk dijadikan batasan pada Design Study. Setelah menentukan Constraint, Tentukan “Goals” yang diinginkan, dalam model ini meminimalisir massa dari model dijadikan sebagai tujuan optimasi.

Lalu pilih material yang ingin dijadikan sebagai variable. Dengan cara mengklik “Select Material”.

solidworks-simulation4

Untuk melihat scenario analisa dari pemilihan material yang telah dibuat, klik “Table View”.

solidworks-simulation5

Disini kita bisa menambahkan variasi material yang diinginkan. Beritanda ceklis pada “scenario” yang ingin ditambahkan lalu klik “select material” untuk menambahkan jenis material yang diinginkan

solidworks-simulation6

Setelah persiapan design study telah selesai, klik “run”. Dan analisa dari masing-masing study yang telah disiapkan berjalan.

solidworks-simulation7

Lalu didapat hasil sebagai berikut :

solidworks-simulation8

Kolom berwarna hijau menandakan desain paling optimal, sementara kolom berwarna merah menggambarkan desain yang gagal. Desain yang gagal bisa terjadi karena “constrain” yang sudah ditetapkan tidak sesuai dengan hasil analisa, dalam kasus ini besar displacement1dan Frequency1.

Technical Team
PT Arisma Data Setia
Reseller SolidWorks Indonesia

Share

One Reply to “SolidWorks Simulation – Mencari material yang paling optimal secara otomatis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.