Menambah, Memodifikasi Nodes saat shell mesh di SolidWorks Plastics

Menambah dan Memodifikasi Nodes pada saat shell mesh di SolidWorks Plastics,

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa SolidWorks Plastics adalah salah satu add on dari SolidWorks yang berfungsi untuk menganalisa aliran injeksi pada saat proses injection molding. Sebelum proses analisa tersebut, seperti proses analisa yang lain di SolidWorks, kita perlu melewati proses meshing, dimana di SolidWorks Plastics kita juga dapat menggunakan shell mesh.

Mungkin ada saat-saat ketika proses mesh tidak cukup mendefinisikan detail secara rinci pada parts. Pilihan untuk mengatasi masalah ini adalah membuat mesh yang lebih halus, mesh yang lebih padat atau memilih beberapa face untuk kerapatan mesh yang lebih kecil. Salah satu opsi yang bisa dipakai, yang tidak banyak membutuhkan waktu perhitungan yaitu meng-isolasi detail part tersebut. Dalam hal ini untuk lebih efisien kita bisa menambahkan node untuk shell mesh, supaya hasilnya bisa focus pada area part yang berpotensi bermasalah.

solidworks-plastics

Cara untuk menambahkan / mengedit nodes pada saat shell mesh adalah sebagai berikut :

  • Pilih Tab Plastics Manager
  • Pilih “Mesh” dan double klik pada pilihan “Edit”

Ada beberapa pilihan yang tersedia untuk menyesuaikan kualitas mesh, seperti gambar di bawah ini.

sw-plastic

Untuk insert node:

– Double klik ‘Insert Node’
– Pilih triangle pada mesh yang ada

SolidWorks plastics akan membuat node baru dan menghubungkan elements.

Untuk menyesuaikan suatu node pada lokasi yang ada:

– Double Klik pada ‘Adjust Node’
– Opsi default adalah ‘Move on Mesh’.

Klik kiri dan tahan pada tombol mouse ke bawah node yang ada. Node akan bergerak di mesh. lalu pilih ‘Move on Plane’ untuk node di permukaan planar atau ‘Assign Coordinate’ jika mempunyai koordinat tertentu sesuai yang diinginkan

Menambah dan menyesuaikan node tersebut di atas memungkinkan Anda untuk memperbaiki aliran injeksi  dan akan membantu dalam menemukan area-area pada part yang bermasalah, sehingga part yang dihasilkan akan baik. Dengan begitu kita bisa mengurangi trial error sebelum part tersebut di produksi secara massal. semoga tutorial solidworks ini dapat sedikit membantu.

Warm Regards,

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.