Surface Modelling pada solidworks

Surface Modelling pada solidworks, Surface adalah bagian dari solid bodies itu sendiri, karena setiap solid bodies pasti memiliki beberapa face sekaligus, misalnya sebuah balok, balok memiliki 6 buah face yang tergabung menjadi 1. Namun surface berbeda dengan solid bodies, karena surface tidak memiliki ketebalan dan juga volume.

Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan fitur dalam surface modelling :

Fitur Extrude Surface dan Revolved Surface ini hampir sama dengan fitur pada Extrude Boss / Base, namun yang dihasilkan disini masih dalam bentuk surface, tidak ada ketebalan.

Planar Surface digunakan untuk menutup bidang surface yang berlubang, namun bidang tersebut harus berbentuk datar, tidak berupa bidang melengkung.

Pada fitur Surface Swept ini, selain kita bisa pilih Path dan Profile, kita bisa gunakan guide curves untuk mendapatkan profil surface yang kompleks.

Boundary Surface ini mirip dengan Lofted Surface, yaitu kita bisa pilih 2 edge sebagai profile, dan juga edge ketiga sebagai guide curve’nya.

Untuk menggantikan permukaan yang kurang beraturan seperti di atas, kita bisa gunakan Filled Surface, dimana hasil dari fill surface tersebut nantinya juga akan menyatu dengan surface di sekelilingnya secara smooth.

Kita bisa gunakan fitur Freeform seperti di atas, untuk mendapatkan permukaan surface yang seperti gelombang, dengan cara menarik dari point yang kita berikan pada kurva yang membagi permukaan surface.

Pada saat kita menggunakan surface modelling, hasilnya masih berupa bidang yang saling bertabrakan satu dengan yang lainnya, kemudian kita bisa gunakan trim surface untuk memotong dari surface tersebut, dan kita bisa pilih bagian yang ingin kita pertahankan ataupun kita bisa pilih bagian yang akan kita delete / remove.

Offset surface adalah fitur untuk membuat copian surface dengan jarak tertentu, namun apabila kita isikan nominal 0, surface akan ter-copy di posisi yang sama.

Pada SolidWorks 2015, terdapat fitur terbaru, yaitu Surface Flatten (di SolidWorks Premium), dimana dengan fitur tersebut, kita bisa melihat bentangan dari profile surface.

Demikian beberapa penjelasan mengenai Surface Modelling pada SolidWorks. Dimana dengan fitur-fitur di atas kita bisa membuat product yang bentuknya unik, ergonomis, dan dengan estetika yang bagus untuk digunakan oleh konsumen. Namun selain itu, kita bisa juga gunakan Surface Modelling di atas untuk memodifikasi dari mold atau dies sesuai dengan keinginan kita.

 

Selamat Mencoba.

Warm Regards,

Team Technical Support SolidWorks Arismadata
(reseller solidworks sejak 1996)

Share

One Reply to “Surface Modelling pada solidworks”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.