Solidworks Tutorial – Modelling Sheet Metal Product

Apa kabar SolidWorks User Indonesia, ? Pada weekly tips kali ini saya akan membahas beberapa hal mengenai Fitur Sheet Metal pada SolidWorks. Dimana dalam Command Manager Sheet Metal sudah disediakan beberapa fitur yang dapat mempermudah dan mempercepat dalam pembuatan Sheet Metal Part. Namun dalam beberapa geometri tertentu, pembuatan Sheet Metal part menggunakan fitur-fitur non Sheet Metal terlebih dahulu, baru setelah itu menggunakan fitur Insert Bends atau Convert to Sheet Metal.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa urutan dalam pembuatan sheet metal part adalah sebagai berikut :

1. Menggunakan fitur-fitur Sheet Metal (base-flange, edge-flanges, miter flanges, etc.)
2. Menggunakan fitur Insert Bends
3. Menggunakan fitur Convert to Sheet Metal

Berikut adalah beberapa tips untuk pengerjaaan Sheet Metal product :

1. Cut Extrude with Normal Cut option
Dalam pengerjaan Sheet Metal product, apabila kita juga menggunakan fitur Cut Extrude, disarankan untuk menggunakan option Normal Cut (ceklist), yaitu agar proses bending yang kita berikan bisa berfungsi dengan baik.


2. Bounding Box Flat Pattern
Pada saat kita bentangkan dari Sheet Metal product, disitu bisa kita lihat bounding box, dimana bounding box ini mengukur area terkecil dari bentangan. Namun,terkadang posisi dari bounding box tidak sesuai dengan yg kita harapkan. Untuk itu kita bisa mengubah posisi bounding box dengan memberikan edge pada Grain Direction (Edit Feature Flat Pattern).

3. Sheet Metal Cutlist pada Flat Pattern Drawing View
Pada umumnya kita menampilkan cutlist Sheet Metal pada sebuah tabel, namun ada cara lain untuk kita dapet menampilkan parameter dari Sheet Metal product yang sudah kita buat, yaitu dengan klik kanan pada drawing view dan kita pilih Cut List Properties.

Demikian untuk weekly tips or tutorial solidworks mengenai Sheet Metal pada SolidWorks kali ini, semoga bermanfaat .

untuk informasi menarik lainnya tentang solidworks seperti training gratis, gabung dengan komunitas solidworks indonesia dll, bisa menghubungi kami atau follow kita di :

Twitter | Facebook

Warm Regards,
Tim Technical Support SolidWorks  PT. Arisma Data Setia

 

Share

One Reply to “Solidworks Tutorial – Modelling Sheet Metal Product”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.