SolidWorks – Fillet Techniques

Dalam pembuatan product dengan solidworks, terutama pembuatan product design atau cunsomer product, kita pasti tak luput dari pembuatan fillet atau radius pada setiap sudut dari product tersebut. Berikut ini adalah beberapa teknik dalam pembuatan fillet.

  1. 1.     Constant Fillets

Merupakan pembuatan fillet paling basic. Kita bisa pilih edge atau face untuk memberikan bidang radiusnya. Dan juga kita bisa buat beberapa ukuran sekaligus, untuk setiap edge/face yang berbeda.

2. Variable Fillets

Pada dasarnya hampir sama dengan constant fillets, namun pada variable fillets kita bisa membuat variasi ukuran dari setiap edge yang kita pilih. Sebagai contoh di bawah ini, dari 1 edge, terdapat 3 ukuran fillets, yaitu 12 mm pada ujung atas, 6mm pada bagian tengah, dan 4 mm pada ujung bawah.

3. Full-round Fillets

Adalah cara pembuatan fillets secara otomatis dari pemilihan 3 face yang secara berurutan dari suatu product dengan ketebalan, contohnya seperti gambar di bawah ini.

4. Face Fillets

Kita bisa gunakan face fillets untuk mebuat bidang radius dengan bidang face yang terpisah / tidak menyatu, seperti di bawah ini. Dalam face fillets ini perlu diperhatikan besarnya radius yang memungkinkan dari pertemuan face tersebut.

5. Profile Radius

Untuk mendapatkan profil radius yang lebih ergonomis, kita bisa gunakan radius dengan pilihan beberapa profile seperti di bawah ini.

6. Asymmetric Fillets

Selain bentukan fillets dengan pilihan profile, kita bisa gunakan juga bentukan asymmetric, dimana ukuran fillet berbeda dari ujung 1 dan ujung lainnya.

Demikian, Selamat Mencoba, semoga bermanfaat bagi anda solidworks user indonesia.

Warm Regards,

Team Technical Support SolidWorks Arismadata.

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.