Replace Entity pada SolidWorks

Dalam pembuatan design product, kita pasti akan sangat memperhatikan estetika atau tampilan visual dari product yang kita design tersebut. Pergantian bentuk pun terkadang tidak dapat kita hindari. Misal dari product yang sudah kita buat, kemudian ada geometry yang akan kita ganti, kita edit sketch, delete dan kita ganti dengan sketch yang baru. Hal tersebut akan sangat beresiko, karena akan membutuhkan proses rebuild yang terkadang akan membuat error sketch atau fitur yang kita gunakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, kita bisa menggunakan replace Entity, yang merupakan salah satu fitur terbaru pada SolidWorks Indonesia 2014. Cara penggunaan fitur ini cukup mudah, yaitu sebagai berikut:

1. Edit Sketch dan buat sketch yang baru


2. Klik pada entities yang akan diganti


3. Pilih entities pengganti pada Property Manager Replace Entity

Dan mari kita lihat hasilnya di bawah ini :

Jadi, dengan fitur Replace Entity yang bisa kita gunakan tersebut, kita bisa terhindar dari warning atau error message yang disebabkan oleh sketch yang rusak karena kita delete sketch lama dan kita ganti sketch yang baru. Atau bisa kita gunakan kedua entities tersebut untuk menunjukkan hasil geometry product yang berbeda.

Selamat Mencoba.

 

Regards,

Tim Technical Support SolidWorks  PT. Arisma Data Setia

Reseller resmi SolidWorks Sejak 1996

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.