Penggunaan Silhouettes Entities pada Sketch

Tips and Tricks singkat kali ini akan membahas mengenai fungsi dari fitur “Silhouettes Entities”. Fitur Silhouettes dirilis pada tahun 2020 ini. Fungsinya hampir sama dengan convert entities, yang mana dapat mengconvert permukaan satu part yang kemudian dibuat menjadi kebuah sketch. Namun, nilai plus untuk Sihlouettes Entitites adalah kita dapat mengconvert body mana yang akan kita buat sketch, baik itu pada part maupun assembly. Dan pastinya ini akan sangat berfungsi untuk bagian yang memiliki sudut, maupun permukaan yang banyak seperti surface part, yang sangat sulit untuk dilakukan convert entities.


Bagaimana cara menggunakan Silhouettes Entities pada SOLIDWORKS ? Berikut tahapan cara
menggunakan Silhouettes Entities pada proses Sketch SOLIDWORKS.


1. Pada bagian ini, kita coba tentukan plane mana yang akan kita jadikan plane untuk sketch hasil
Silhouettes Entities. Untuk plane, sebisa mungkin pilih plane yang dapat mencakup bagian yang akan kita buat sketch-nya.

 

(pada contoh di atas, plane baru yang dibuat akan menghasilkan sketch samping dari part)

 

2. Buat sketch baru berdasarkan plane yang sudah dipilih. Saat dalam mode Sketch, anda dapat mengakses fitur Silhouette Entities dengan cara : klik Tools pada Pull Down Menu > Pilih Sketch Tools > Silhouette Entities

 

3. Pilih body yang akan dibuat menjadi sketch pada kolom Entities to Silhouette, kemudian klik OK

 

4. Setelah diklik OK, maka akan muncul sketch hasil dari Silhouette Entities.

 

Untuk cara membuat sketch dengan fitur Silhouette Entities pada assembly, saat mode sketch, pada kolom Entities to Silhouette, bisa dipilih per-part ataupun per-sub assembly. Selain itu bisa juga dipilih langsung dari body yang ada di assembly. Maka hasil Sihlouette Entities akan muncul berdasarkan dari bagian yang sudah dipilih.

Demikian Tips and Tricks singkat kali ini, semoga membantu dan bermanfaat.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.