Menghitung Volume Internal Fluida

Menghitung Volume Internal Fluida

Dalam membuat design product dengan SolidWorks, terkadang kita di hadapkan dengan penentuan volume dari part / product yang kita design tersebut. Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan share mengenai penghitungan volume dari sebuah product dengan menggunakan salah satu fitur terbaru pada SolidWorks 2013 yaitu Intersect Tool.

Fitur intersect ini pada dasarnya dapat kita gunakan yaitu untuk menyederhanakan beberapa proses sekaligus pada saat kita menggunakan beberapa fitur surface modelling, diantaranya yaitu Trim, Knit, dan Thicken, dimana kita dapat menghasilkan solid bodies dari sebuah ruang negatif, atau mungkin beberapa orang menyebutnya dengan nambah daging pada bidang solid.

Berikut ini adalah contoh sebuah teko yang akan kita hitung berapa volume air di dalamnya, dengan ketinggian air yang kita tentukan.

Kita lanjutkan dengan membuat plane, dengan referensi permukaan paling bawah dari teko tersebut.

Kemudian kita gunakan fitur intersect tool, untuk membuat sebuah bidang solid dari bawah permukaan plane yang sudah kita buat tadi.

Pada fitur intersect ini, kita pilih bodies yang terbentuk antara plane dan body teko, yaitu dengan ceklist pada pilihan region to exclude untuk bodies yang lain (selain body volume dalam teko).

Setelah mendapatkan bodies yang terbentuk dengan intersect tool, yaitu bagian dalam bidang kaca dengan batasan atas berupa plane, kita bisa menampilkan hanya solid bodies tersebut yang terlihat yaitu dengan fitur isolate. Kemudian kita bisa menggunakan mass properties untuk menghitung volume / isi dari solid bodies tersebut.

Untuk selanjutnya Anda bisa membuat tanda batasan untuk menentukan posisi volume isi dari teko tersebut. Atau Anda ingin menghitung volume untuk yang lebih banyak atau lebih sedikit, Anda tinggal mengedit posisi plane yang sudah dibuat sebelumnya. Selamat mencoba.

Regards,

Tim Technical Support SolidWorks  PT. Arisma Data Setia
Reseller Resmi Solidworks Indonesia

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.