Cara Menggunakan Kode VBA dengan SolidWorks

Cara tercepat dan termudah untuk memulai pemrograman dengan SolidWorks API untuk merekam SolidWorks makro, yang berisi panggilan SolidWorks API yang sesuai dengan tindakan yang dilakukan dalam antarmuka pengguna. Anda dapat memodifikasi makro di Microsoft Visual Basic for Applications (VBA) atau Microsoft Visual Studio Tools for Applications (VSTA) sesuai dengan kebutuhan tempat kerja Anda.

Microsoft VBA adalah sebuah toolset berbasis Microsoft Visual Basic for Applications (VBA) dan tertanam dalam perangkat lunak SolidWorks. Microsoft VBA memungkinkan Anda merekam, menjalankan, dan mengedit Microsoft VBA macro dalam perangkat lunak SolidWorks. Macro direkam akan disimpan sebagai file. Swp.

Jika Anda menemukan macro online, kadang-kadang orang akan mempublikasikan kode sumber daripada men-download sebuah file, Dalam solidworks tutorial kali ini akan menunjukkan cara untuk mengambil kode tersebut, membuat tombol makro dan bahkan menetapkan hotkey untuk itu, so.. mari kita simak beberapa contoh kode dibawah ini.

Pertama mari kita mulai dengan beberapa contoh kode:

Sub main()
Dim swApp As SldWorks.SldWorks
Dim swModel As SldWorks.ModelDoc2
Dim swExportPDFData As SldWorks.ExportPdfData
Dim strFilename As String

Set swApp = Application.SldWorks
Set swModel = swApp.ActiveDoc

‘Save
swModel.Save3 0, 0, 0

‘Export to PDF if it is a drawing
If swModel.GetType = swDocDRAWING Then
strFilename = swModel.GetPathName
strFilename = Left(strFilename, Len(strFilename) – 6) & “pdf”
Set swExportPDFData = swApp.GetExportFileData(1)
swModel.Extension.SaveAs strFilename, 0, 0, swExportPDFData, 0, 0
End If

End Sub

kita akan mengganti fungsi save default sehingga jika menyimpan gambar juga akan mem-publish file PDF dari gambar itu (menggunakan system settings). Untuk melakukan hal ini klik Tools, Macro, New… Tombol ini akan menampilkan dialog save. Jika Anda ingin berbagi makro ini dengan orang lain, maka simpanlah di jaringan. Tapi berhati-hatilah, jika mereka memiliki versi SolidWorks yang berbeda, atau jika mereka memiliki direktori instalasi yang berbeda, mereka mungkin mengalami kesalahan referensi atau error. Setelah Anda memilih lokasi dan menyimpannya, studio visual untuk aplikasi akan terbuka. Jika Anda menjalankan versi sebelumnya dari SolidWorks 2013 pada Windows 7, lihatlah pada taskbar, karena itu tidak akan muncul di depan secara otomatis.

Ini akan memiliki modul terbuka dengan kode berikut:

Dim swApp As Object
Sub main()

Set swApp = Application.SldWorks
End Sub

Anda dapat mengganti semua itu dengan kode yang ditunjukkan di atas.

Klik Save.

Selamat! Anda baru saja membuat sebuah makro yang dapat digunakan dari kode sumber. Sekarang untuk menggunakannya secara efisien Anda perlu untuk menyesuaikan SolidWorks anda. Langkah pertama adalah membuat tombol makro kustom. Untuk membuat tombol makro kustom, Anda harus memiliki dokumen yang terbuka. Klik New, Drawing (menggunakan template yang tersedia). Sekarang klik kanan pada title bar, pilih ustomize, commands, macro, drag ikon untuk tombol makro ke lokasi yang cocok. Selain Makro: klik tombol browse, pilih makro. Jika ada lebih dari satu metode pilih metode yang sesuai dari list. Klik OK.

Tombol makro baru anda sekarang dapat digunakan, Tetapi bagaimana jika Anda ingin melangkah lebih jauh dan mengganti keyboard shortcut? Pilih tab Keyboard, scroll semua jalan ke bawah, klik pada shortcut cell untuk tombol makro dan tekan kombinasi tombol yang ingin Anda gunakan (seperti Ctrl + S) dan klik Yes untuk menggantinya, kemudian klik OK. Sekarang Ctrl+S akan menyimpan PDF jika gambar terbuka.

 

PT Arisma Data Setia, Mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1434 H bagi yang menjalankannya..

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.