Import Title Block Pada SolidWorks Electrical

Salam hangat untuk para user SolidWorks indonesia khususnya para user SolidWorks Electrical karna pada kesempatan ini saya akan menyampaikan tentang Import Title Block dari dwg yang merupakan extention Autocad agar bisa digunakan sebagai Title Block dari SolidWorks Electrical.

Mungkin beberapa user SolidWorks Electrical yang sudah move on dari software design electrical lamanya ternyata masih belum bisa move on dari Title Block “favoritnya” yang terdapat pada software design electrical lamanya dengan berbagai alasan, ada yang beralasan karna Title Blocknya simple, lengkap, enak dilihat, dll, tetapi jangan khawatir dengan hal tersebut selain anda dapat dengan mudah membuat Title Block yang serupa di SolidWorks Electrical tapi anda juga bisa mengimport langsung Title Block favorit anda dengan mudah.. Nah sekarang langsung saja kita mulai pembahasan tentang Import Title Block

1. Buka SolidWorks Electricalnya dan kemudian ikuti langkah dibawah ini..

2. Setelah muncul menu Title blocks manager lalu ikuti langkah dibawah ini..

3. Kemudian tambahkan file yang berupa title block dengan cara mengklik Add files..  sesuai langkah disamping

4. Selanjutnya cari lokasi tempat anda meletakan title block yang ingin anda import disamping tulisan Look in, sambil mengikuti langkah – langkah dibawah ini

 

 

 

5. Lanjut saja dengan mengikuti langkah demi langkahnya di samping..

 

 

 

 

 

6. Pilih konfigurasi import sesuai dengan file anda dan anda bisa klik pulldown button untuk memilih Import configuration yang sesuai.. atau anda juga bisa pilih <No Configuration> pada pulldown button tersebut.. lalu selanjutnya anda bisa klik Next..

7. Lanjut lagi dengan memberikan class selector yang berfungsi untuk memberikan standardisasi pada title block yang akan anda import setelah langkah 3 selesai klik Next..

8. Lanjut dengan memilih sesuai langkah dibawah ini..


9. Nah sekarang title blocknya sudah muncul pada classification dan sesuai dengan standardisasi yang anda  buat pada imported title block anda dimana tadi saya memilih standard ISO. Dan properties dari title block pun masih bisa disesuaikan sesuai keinginan anda..

10. Disini anda bisa mengubah properties dari title block anda sesuai dengan keinginan anda, dan saya mengubah description dengan nama Imported DWG A3 gunanya agar dalam proses mencari title block saya tinggal mengetikan Imported DWG A3 pada Description yang terdapat pada menu filter yang ada di gambar no. 9 diatas dan sistem akan secara otomatis mencari letak dari title block anda..

 

11. Dan sekarang description dari title block sudah diubah dan anda bisa membuka hasil title block import anda dengan mengklik 2x title block tersebut..

 

12. Dan hasil import title blocknya adalah seperti ini..

 

13 Lalu bersihkan design yang ada didalam title block anda bila ada dengan cara memblock designnya lalu delete, tapi bila tak ada maka title block anda sudah selesai diimport.

 

Sekarang anda dapat menggunakan title block “favorit” anda, tapi..!!!! ada lebih banyak lagi feature menarik didalam SolidWorks Electrical salah satunya megedit kata – kata pada title block anda sehingga anda dapat dengan mudah mengatur peletakan posisi – posisi kata yang ingin anda gunakan, nah pada kesempatan pembahasan SolidWorks Electrical lainnya maka akan kita bahas tentang hal tersebut, so don’t miss it kalau anda tidak mau ketinggalan info tentang SolidWorks Electrical.

Demikian weekly tips kali ini semoga bermanfaat untuk anda para user SolidWorks Electrical semoga dikesempatan – kesempatan selanjutnya kita bisa membahas lebih dalam lagi mengenai  SolidWorks Electrical…

 

Best Regard,

 

Friyadi Hasiholan

SolidWorks Electrical AE

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.