Membuat program cnc machining dengan SOLIDWORKS CAM

Apa sih SOLIDWORKS CAM ?? Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan mesin cnc milling atau cnc router, dan pastinya anda sudah banyak mengetahui beberapa jenis software CAM.

Saat ini, solidworks versi terbaru, yaitu solidworks 2018 sudah menyertakan fitur terbarunya, yaitu dengan nama solidworks CAM.

Dengan solidworks CAM ini akan memudahkan anda dalam membuat operation plan, toolpath machining dan tentunya hingga menghasilkan G-Code untuk di jalankan di mesin cnc.

Solidworks CAM ini menyatu dengan user interface solidworks 2018 yang anda gunakan saat ini, jadi untuk penggunaannya sangat sederhana dan mudah.

selain itu SolidWorks CAM juga memiliki fitur yang canggih yaitu Automatic Feature Recognition ( AFR ), yaitu kemampuan membaca geometry dari fitur yang kita gunakan pada modelling di SOLIDWORKS.

Hal ini akan mempercepat dan memudahkan kita dalam menentukan operation plan, yaitu bagian mana saja dari model ini yang akan kita buat toolpath untuk proses machining-nya.

dengan solidworks CAM, kita tidak perlu membuat operation plan dan toolpath 1 per 1 dari 3D model part. Ketika ada perubahan pada 3D model part, operation plan dan toolpath-nya pun juga akan ter-update.

Sangat mudah, cepat dan pastinya akan membuat produktivitas Anda meningkat.

pada video dibawah ini, Kita akan coba langsung untuk membuat program cnc machining dari sebuah model part.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.