6 cara Exploded Views dengan Part Multi Body pada SolidWorks

Ketika anda sedang merancang suatu desain pada solidwork, saat ini mungkin sangat bermanfaat untuk membuat bagian-bagian yang memiliki lebih dari satu benda padat, dengan aplikasi seperti weldments, sheet metal, atau mold tools. Ini juga mungkin diperlukan untuk menunjukkan bagaimana bagian-bagian atau part bersama-sama menggunakan fungsi exploded view, ini memungkinkan untuk menyimpannya sebagai file part terpisah dalam assembly dan melakukan exploded view di sana, mungkin akan lebih mudah dan lebih cepat untuk melakukan exploded view pada bagian multi-body. Fungsi ini telah diperkenalkan pada SolidWorks 2012.

Proses ini akan dijelaskan dalam langkah-langkah di bawah ini, mirip dengan menciptakan exploded views dengan assembly.

1. Buat Konfigurasi Baru
Mengelola exploded views dengan menempatkan mereka dalam konfigurasi sendiri. Klik pada tab Konfigurasi > Right click below > klik “Add Configuration”> Tambah Nama “Exploded View”.

2. Membuat Exploded View
Buka menu Insert dan klik pada “Exploded View”. Anda juga dapat menemukan Exploded View menggunakan command search di pojok kanan atas pada jendela SolidWorks.

3. Langkah Explode
Ini akan memunculkan Property Manager dari Exploded View. Pilih body untuk explode kemudian tarik pegangan manipulasi ke arah yang diinginkan. Anda dapat memilih suatu body atau beberapa body untuk explode dalam langkah yang telah diberikan. Langkah-langkah ini ditambahkan pada sisi kiri berjudul “Langkah Explode”. Di bawah “Pengaturan” itu adalah body yang telah dipilih, arah, dan jarak. Untuk menambahkan langkah-langkah tambahan, cukup pilih body yang berbeda dan drag.

4. Komponen Auto-Space
Mengklik “Solid body Auto-space setelah didrag” pilihan akan mengambil semua komponen yang dipilih dan ruang mereka sama terpisah satu dengan yang lainnya.

5. Mengedit langkah Explode
Klik kanan pada langkah yang dimaksud dan pilih Edit memungkinkan Anda untuk melakukan penyesuaian dengan komponen, arah, dan jarak yang dipilih. Komponen dapat ditambahkan atau dihapus. Arahnya dapat diedit dengan memilih panah dan Toggling tombol reverse. Anda dapat menyelaraskan pegangan drag ke entitas tertentu dengan mengklik kanan drag dan memilih : Align to, Align to Komponen Asal, atau Pindah ke Seleksi. Setelah menyelaraskan drag, pilih panah untuk arah. selanjutnya Anda dapat menentukan jarak yang berbeda ke field “D1” . Setelah selesai, klik “apply” dan kemudian “Done”. Anda dapat melanjutkan mengedit langkah yang ada atau menambahkan yang baru. Klik tanda check berwarna hijau ketika selesai.

6. Finished Exploded View
Untuk kembali antara collapsed dan exploded state, buka tab Configuration Manager dan expand konfigurasi “Exploded View”, didalam adalah konfigurasi turunan yang memegang exploded view dengan langkah exploded. Klik kanan pada derived configuration untuk collapse atau explode part.

keterbatasan:

Ada beberapa keterbatasan untuk perintah ini. Anda mungkin tidak bisa kembali menggunakan explode multi-body dalam assembly exploded view, Juga, Anda tidak dapat membuat animasi explode atau collapse atau menyimpannya sebagai file video atau avi.. Terakhir, anda tidak bisa menahan alt untuk bergerak dan menyelaraskan panah drag seperti assembly explode.

BR
Technical Team | PT. Arisma Data Setia | Reseller Solidwork Indonesia

Share

2 Replies to “6 cara Exploded Views dengan Part Multi Body pada SolidWorks”

  1. Memunculkan garis alur exploded dapat dibuat terlebih dahulu dengan menggunakan tools “Exploded Line Sketch” pada area Assembly. gitu bro kalo ga salah 😛

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.