Menambahkan Relasi dan Mate dengan menggunakan Breadcrumb

cara menambahkan relasi dan mate menggunakan Breadcrumb.

Pada versi SOLIDWORKS yang baru, opsi sketch relation ditambahkan ke breadcrumb. Anda dapat memilih dua entitas sketch atau lebih dengan menekan tombol Ctrl  pada keyboard dan saat anda melepaskan tombol Ctrl breadcrumb akan muncul disamping kursor mouse anda, dan anda dapat memilih relasi yang tersedia pada breadcrumb. Namun breadcrumb akan muncul jika anda tidak memindahkan kursor mouse dari sketch entitas yang anda pilih. Karena saat anda menggerakkan mouse breadcrumb akan hilang. Sekarang pertanyaannya adalah, bisakah kita memuculkan kembali breadcrumb yang hilang ??

Breadcrumb1

Jawabannya tentu bisa, pada saat anda memindahkan kursor menjauh dari entitas yang dipilih dan breadcrumb menghilang, tekan Ctrl sekali lagi dengan begitu breadcrumb akan muncul kembali.

Anda juga dapat menambahkan lebih dari satu relasi dari entitas yang kita seleksi. Sebagai contoh memilih dua lingkaran lalu menekan Ctrl dan memberikan  relasi equal menggunakan breadcrumb untuk membuat ukuran lingkarannya sama, kemudian tekan Ctrl sekali lagi sementara kedua lingkaran masih tersorot. Lepaskan tombol Ctrl dan breadcrumb yang sama akan muncul lagi dan anda dapat menambahkan relasi Tangent. Proses ini dapat diulang berkali kali sampai anda mendapatkan semua relasi yang diperlukan untuk entitas sketch yang dipilih.

Breadcrumb2

Menambahkan mate pada Assembly prosesnya hampir sama. Dengan memilih dua atau lebih Face atau edge dan melepaskan tombol Ctrl, breadcrumb akan muncul dengan mate options. Sehingga mempercepat proses mate pada assembly design anda.

Breadcrumb3

Semoga penjelasan saya cukup jelas, bermanfaat dan dapat mempercepat pekerjaan, apabila ada yang ditanyakan dapat disampaikan melalui email berikut solidworks-support@arismadata.com

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.