Solidworks 2015 – Assembly Envelopes

Hallo apakabar sobat solidworks indonesia,.. Tahun baru semangat baru!!..  tutorial solidworks pertama nih di tahun 2015.. Tentu kita tidak asing dengan kata amplop, dan dalam SolidWorks pun juga terdapat istilah tersebut, yaitu assembly envelopes, yang merupakan salah satu special komponen di dalam assembly.

Envelope ini diabaikan ketika kita menghitung berat, Center Of Gravity dan juga dalam perhitungan di Bill Of Materials. Apabila kita menggunakan perintah copy, mirror dan juga pattern, hasilnya akan berupa part envelope juga.

Fungsi dari envelope ada 2 macam, yaitu sebagai reference components dan sebagai selection tools.

1. Penggunaan Envelope sebagai Reference Components

Kita dapat menggunan envelope sebagai komponen yang hanya berfungsi sebagai referensi dari design assembly kita, yaitu misalnya untuk membayangkan kondisi assembly kita berdasarkan posisi dan ukuran terhadap komponen envelope tersebut.

Misalnya dalam design bantalan rel berikut ini, yang akan dibuat yaitu hanya bantalan relnya saja. Namun supaya memudahkan dalam design bantalannya, kita perlu menampilkan relnya juga. Namun rel tersebut tidak ikut muncul dalam perhitungan berat, Centre of Gravity, dan juga Bill Of Material.

Cara menampilkan atau membuat rel menjadi sebagai envelope adalah seperti ini :

2Penggunaan Envelope sebagai selection tools

Dengan envelope memungkinkan kita untuk select, show, or hide components berdasarkan posisi mereka terhadap volume envelope (di dalam, di luar, atau dalam posisi crossing). Kita juga dapat menggunakan bidang envelope tersebut untuk mengubah visibility dari komponent assembly, atau memilih parts / komponen untuk dilanjutkan dengan perintah suppress, copy atau delete.

Dalam gambar di bawah ini, contoh part dalam bentuk envelope untuk menunjukkan area kerja dari operator.

Kita bisa gunakan envelope tersebut sebagai selection tool atau kita bisa gunakan untuk show / hide komponen seperti gambar di bawah ini.

Dengan menggunakan assembly envelope tersebut, memudahkan kita dalam mengolah parts yang kita buat dalam Assembly yang berisi cukup banyak komponen. Selamat Mencoba.

Warm Regards,

Team Technical Support SolidWorks Arismadata.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.