Linear Pattern – SolidWorks 2015

SolidWorks 2015, Linear pattern adalah cara yang biasa kita gunakan untuk meng-copy beberapa fitur ke bagian yang lain dengan mengikuti alur berupa edge (sebagai arah pattern), dimana arah pattern tersebut bisa kita buat dalam 1 atau 2 arah.

Dalam SolidWorks 2015, fitur Linear Pattern tersebut sudah ditingkatkan lagi, sehingga pattern tersebut bisa lebih fleksible, jumlah pattern bisa menyesuaikan dengan panjang / pendeknya rail yang kita buat.

Misalnya Rail di bawah ini. Apabila kita tambahkan panjang dari Rail di bawah ini, ataupun kita jadikan lebih pendek, jumlah pattern dari lubang counterbor pasti akan menjadi rancu, dan fitur pattern pun jadi error.

Untuk mengatasi error tersebut, kita bisa gunakan cara di bawah ini :

–          Kita klik pada pilihan Up to reference

–          Kemudian kita pilih face dari ujung rail untuk referensi panjang dari rail tersebut.

–          Dan pada ukuran Offset Distance, kita isi dengan link, yaitu kita ketik tanda sama dengan (=) dan kita pilih ukuran 25 dari ujung pertama rail tersebut.

Kita bisa langsung coba dengan membuat rail tersebut menjadi lebih pendek, yaitu dengan klik face pada ujung rail, sehingga muncul anak panah, dan bisa kita drag anak panah tersebut untuk membuat rail tersebut menjadi lebih panjang atau pendek. Dan Pattern pun mengikuti panjang rail tersebut.

Hasil dari Pattern di atas adalah, jarak antar lubang tetap sama, namun jumlah lubang hasil pattern akan berbeda, yaitu mengikuti panjang / pendek Rail.

Apabila kita ingin membuat jumlah lubang tetap sama, namujn jarak lubang yang berbeda, kita bisa gunakan pilihan Set Number of Instances, seperti di bawah ini.

Demikian, selamat mencoba.

Warm Regards,

Team Technical Support Arismadata.
(Reseller SolidWorks Since 1996)

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.