Mengatur “Document Level” Layer pada Dimension….!!!!

Yaa….!!!! Salah satu hal yg cukup penting dalam aktivitas membuat gambar kerja adalah menyajikan gambar agar mudah dipahami oleh pihak lain….!!! Terus….apa yg musti dilakukan agar gambar kerja lebih mudah dipahami…???? Temen – temen yg sudah malang melintang menggunakan software CAD pasti tidak asing lagi dgn Layer…!!! Dengan layer….seorang drafter dapat dengan mudah memberikan properties yg berbeda untuk setiap object yg dtampilkan di gambar….!!!

2011-05-21_1640

Contoh gambar di atas adalah penggunaan layer pada software 2D….!!! Bagaimana penerapan layer di drawing SolidWorks…..???? Yang menarik adalah user SolidWorks dapat mengatur settingan layer pada document level….!!! Pada saat sudah disetting pada document level….setiap user membuat object misalnya Linier Dimension….Maka akan selalu menggunakan layer yg sudah disetting pada document level tersebut…..!!!! Hmm….Di mana user dapat menemukan settingan ini…???? Dari Tools>Option>Document Properties…. Pilih layer yg akan kita setting…..!!!!

2011-05-21_1634

Pengaturan ini tidak hanya berlaku untuk dimensi saja…melainkan juga pada Annotation, table juga view label detail….!!!! Selanjutnya….pastikan settingan pada layer toolbar seperti di bawah ini….!!!!

2011-05-21_1650

Tentunya untuk dapat selalu menggunakan pengaturan layer yg sudah dibuat….document harus disimpan sebagai drawing template….!!!! Sekian dulu yg dapat dibahas tentang pengturan layer pada document level ini….!!!! Silakan share komentar maupun pertanyaan di bawah ini….!!!! Semoga tutorial solidworks kali ini bisa berguna….!!!!

Share

2 Replies to “Mengatur “Document Level” Layer pada Dimension….!!!!”

  1. sampai saat ini saya tidak maksimal menggunakan SolidDrawing. Saya lebih memilih menggunakan AutoCAD. Sudah familiar, dan tentu saja karena koneksi DATA antar bagian di perusahaan saya menggunakan freeware CAD. Jadi mau ga mau harus pakai file extensi *.dwg

    regards

    Gatot Suseno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.